Sabtu, 27/04/2024 12:06 WIB

Rotasi Sejumlah Jenderal, Tito Pastikan Polri Tetap Solid

Rotasi di tubuh Polri telah dilakukan oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian. Ini perubahan posisi di beberapa petinggi Polri.

Kapolri Jendral Tito Karnavian melantik sejumlah petinggi Polri. (Foto : Jurnas/Ist)

Jakarta- Kapolri Jendral Tito Karnavian resmi melantik sejumlah posisi penting di Polri, pada Kamis (23/1).  Irjen Pol Idham Azis dilantik menjadi Kabareskrim menggantikan Kabareskrim sebelumnya Komjen Arief Sulistyanto yang akan menempati jabatan Kalemdiklat Polri.

"Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya selaku pejabat Polri akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI," kata Inspektur Jenderal Idham Azis dan 16 perwira tinggi lainnya saat mengucap sumpah jabatan di Ruang Rupatama Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, Kamis (23/1).

Posisi Kalemdiklat sebelumnya diduduki oleh Komisaris Jenderal Unggung Cahyono yang kini menjabat Kepala Badan Intelijen dan Keamanan yang ditinggalkan Komisaris Jenderal Lutfi Lubihanto (pensiun).

Sedangkan Kapolda Metro Jaya langsung diisi oleh Inspektur Jenderal Gatot Eddy Pramono. Sebelumnya Gatot menjabat posisi Asisten Kapolri Bidang Perencanaan dan Anggaran yang kini diduduki oleh Inspektur Jenderal Agung Sabar Santoso.

Posisi lama Inspektur Jenderal Agung yakni Komandan Korps Brimob akan diiso Inspektur Jenderal Ilham Salahudin. Ilham sebelumnya adalah Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Posisi itu akan diisi Brigadir Jenderal Coki Manurung yang sebelumnya sebagai Kapolda Bengkulu.

Posisi Kapolda Bengkulu akan dijabat Brigadir Jenderal Supratman. Posisi lama Brigadir Jenderal Supratman sebagai Wakapolda Jawa Barat, akan ditempati Brigadir Jenderal Akhmad Wiyagus

Rotasi yang dilakukan Kapolri tidak lepas dari keinginan untuk memberikan penyegaran dalam tubuh Polri. Ia menegaskan tidak ada perpecahan di internal kepolisian.

"Saya ingin menekankan bahwa pergantian pejabat, tidak ada kaitannya dengan adanya faksi-faksi, friksi-friksi internal Polri, tidak. Polri tetap solid," tegas Tito.

KEYWORD :

Tito Karnavian Idham Azis Pelantikan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :