Kamis, 16/05/2024 07:21 WIB

Alasan Bertahan dalam Hubungan Meski Tak Bahagia

Terdapat beberapa alasan krusial yang bisa jadi tidak Anda sadari kenapa mengikatkan diri pada hubungan yang tidak bahagia.

Banyak Alasan yang membuat bertahan dengan pasangan meski tak bahagia (Foto: Ilustrasi/Pexels)

Jakarta - Ketika Anda mulai merasa tidak nyaman, maka bisa jadi itu alarm saatnya untuk memulai hubungan yang baru. Sayangnya, masih banyak orang seakan terjebak dalam hubungan cinta yang tidak menbahagiakan apakah Anda salah satunya?

Hubungan cinta yang tidak membahagiakan, sudah sepantasnya tak perlu dipertahankan. Namun ternyata, beberapa orang tidak bisa dengan mudah meninggalkan hubungan yang seperti itu.

Pernah mengalami hal ini ladies? Memang, hubungan asmara adalah sesuatu yang kompleks dan susah untuk diterima akal dan logika.

Walaupun sering ribut, pasangan yang tidak bisa bertanggung jawab serta hal-hal minus lain, nyatanya tetap saja ada alasan untuk dipertahankan.

Ada beberapa alasan krusial yang bisa jadi tidak Anda sadari kenapa mengikatkan diri pada hubungan yang tidak bahagia, seperti beberapa alasan yabg dikutip dari laman Journal Sociolla di bawah ini:

1. Terlanjur lama menjalin hubungan

Meskipun terdengar klise, tapi banyak pasangan yang merasa enggan untuk menyudahi hubungan karena merasa sudah terlanjur lama menjalin hubungan.

Selain tak ingin waktu yang dihabiskan bersama selama bertahun-tahun jadi sia-sia, biasanya faktor kebiasaan membuat Anda dan pasangan tetap bertahan karena tak biasa menjalani hari tanpa kehadiran satu sama lain.

2. Berjanji akan berubah

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang bertahan dalam hubugan tak sehat, biasanya karena pasangan yang terus memberikan janji atau jaminan jika ia akan berubah.

Tak hanya pernyataan pasangan saja, keyakinan kebiasaan buruk pasangan akan hilang juga kerap ada di pikiran Anda hingga akhirnya selalu bertahan walaupun pasangan tak juga menunjukkan perubahan sesuai yang Anda harapkan.

3. Takut tak bisa cari pengganti

Ketakutan tidak bisa menemukan pengganti menjadi alasan seseorang dalam mempertahankan hubungan yang tidak lagi membawa rasa bahagia, Apalagi kalau ternyata kalian sudah terlalu lama menjalin hubungan, lima tahun, tujuh tahun, kalau harus memulai hubungan yang baru lagi, tentu ada rasa malas memulai semua dari awal, bukan?

Pada akhirnya, Anda memilih untuk tetap mempertahankan hubungan yang ada walaupun sering makan hati. Belum tentu juga penggantinya akan lebih baik? Mending menjaga apa yang sudah ada saja deh. Hmm, pernah memiliki pemikiran serupa?

4. Sudah terlalu dalam

Terlanjur banyak kisah dan rahasia yang dibagi dan diceritakan satu sama lain sering membuat perpisahan jadi semakin berat. Sehingga menyesuaikan satu sama lain sepertinya adalah jalan satu-satunya untuk mempertahankan hubungan. Apakah Anda salah satunya juga, ladies?

5. Terlanjur dekat dengan keluarga

Dekat dengan keluarga pasangan bisa menjadi penyebab Anda berat untuk memutuskan hubungan yang tak lagi membuat bahagia. Setiap kali Anda ingin menyatakan putus, yang terbayang adalah perhatian dan waktu terbaik yang sempat dihabiskan dengan orang tua dan saudaranya.

Putus hubungan dengan satu orang tapi bisa mengakibatkan perpisahan dengan beberapa orang yang memiliki arti penting untuk Anda sering membuat kata perpisahan terasa lebih berat.

KEYWORD :

Hubungan Bertahan Alasan Bahagia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :