Jum'at, 26/04/2024 14:45 WIB

Jokowi Segera Canangkan Optimalisasi Lahan Rawa Kalimantan

Peningkatan produksi pangan nasional selama ini masih bertumpu pada lahan sawah irigasi, sedangkan lahan suboptimal seperti rawa belum termanfaatkan secara maksimal.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Foto: Instagram/Jokowi)

Jakarta – Presiden Joko Widodo direncanakan akan menghadir perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tahun 2018 di Kalimantan Selatan pada 18 hingga 21 Oktober mendatang, sekaligus menandai dicanangkannya program optimalisasi lahan rawa untuk peningkatan produksi pangan nasional.

Program strategis ini dicanangkan karena lahan rawa memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan menjadi lahan pertanian produktif.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, mengatakan, peningkatan produksi pangan nasional selama ini masih bertumpu pada lahan sawah irigasi, sedangkan lahan suboptimal seperti rawa belum termanfaatkan secara maksimal.

Untuk itu, Amran menugaskan jajarannya untuk membuat instrumen program terobosan yang dapat mengoptimalkan fungsi lahan rawa sebagai lahan pertanian. Instrumen tersebut meliputi kebijakan, riset, inovasi, dan kewirausahaan.

Lahan rawa yang akan dikonversi menjadi kawasan pertanian diprioritaskan pada lahan rawa yang ditumbuhi semak belukar yang memang secara ekologi cocok untuk kegiatan budidaya pertanian. Berdasarkan kriteria tersebut, ketersediaan lahan rawa untuk perluasan area pertanian (ekstensifikasi) seluas 7,52 juta hektare.

Prioritas lainnya adalah merevitalisasi rawa bokor yang mencapai dua juta hektare. Rawa bokor adalah lahan rawa yang pernah dibuka, namun belum dibudidayakan. Lahan terbengkalai ini dapat diaktifkan kembali dengan memperbaiki sistem tata air, baik makro maupun mikro.

Dengan pembukaan lahan rawa baru dan merevitalisasi rawa bokor, maka Indonesia memiliki potensi lahan rawa untuk kegiatan pertanian seluas 9,52 juta hektare.

Angka tersebut lebih besar dibanding lahan sawah yang saat ini digarap petani Indonesia seluas 8,1 juta hektare.

Lebih lanjut, Amran menyebutkan bahwa optimalisasi lahan rawa sesuai upaya pemerintah Jokowi – JK, yaitu pengentasan kemiskinan.

``Melalui program ini masyarakat akan semakin sejahtera karena meningkatnya pendapatan,`` ungkap Amran saat mengunjungi proyek percontohan di Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, 5 April lalu.

Presiden Jokowi bersama sejumlah Duta Besar negara sahabat akan melihat langsung pilot percontohan seluas 750 hektare di Desa Jejangkit Muara tersebut. Percontohan ini merupakan visualisasi pengelolaan dan optimalisasi lahan rawa menjadi lahan pertanian produktif.

Salah satu yang akan diperlihatkan melalui percontohan ini adalah peningkatan Indek Pertanaman (IP). Lahan yang tadinya hanya tanam sekali setahun atau bahkan telantar, bisa ditingkatkan pertanamannya menjadi dua hingga tiga kali setahun.

Pilot percontohan tersebut dibangun oleh untuk menggambarkan alikasi pengelolaan tata air dan cara mengatasi karakteristik lahan rawa. Pilot percontohan ini didukung oleh teknik budidaya padi, pisang, pemeliharaan ikan dan itik lahan rawa dikemas dalam hamparan “Gelar Teknologi Budidaya Pertanian Lahan Rawa”.

KEYWORD :

Jokowi Andi Amran Sulaiman rawa Kalimantan Pangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :