Jum'at, 03/05/2024 11:41 WIB

Film |

Romantisme Ho Eng Dji dari Makassar

Sebagai seorang remaja di tahun 30an -40an, ia terlibat asmara dengan beberapa gadis yang hadir di hatinya.

Salah satu penggalan film Ati Raja (Foto: Ist)

Film : ATI RAJA
Produksi : P2TM Makassar dan 786 Production
Eksekutif Producer: Arwan Tjahjadi,  Zuklifli Gani Otto
Producer:  Anchu Amar
Sutradara: Shaifuddin Bahrum

Ati Raja adalah film yang bergendre drama romantik dengan kisah biografi seorang penyair dan musisi Makassar. Film ini mengambil setting suasana Makassar sebelum Perang Dunia II.

Ho Eng Dji adalah seorang tokoh seniman yang pernah berkarya di Makassar dalam dunia sastra dan musik. Ia menciptakan lagu-lagu Makassar pada tahun 1932 – 1940 an. Lagu-lagunya sangat populer hingga tahun 60an dan disiarkan di RRI.

Ia terlahir dalam keluarga Tionghoa peranakan  Makassar yang sederhana dan sering mengalami kesulitan hidup. Namun ia sangat paham pada kebudayaan yang melatar belakangi kehidupannya (budaya Tionghoa dan Makassar).

Dalam kurun waktu singkat, ia telah merekam dalam plat piringan hitam sejumlah lagu-lagu ciptaannya dan juga sejumlah lagu daerah. Lagu ciptaannya yang populer antara lain: Ati Raja, Dendang-dendang, Ammaaq Ciang, Sailong, dan lain-lain.


Ia sangat peduli pada perkembangan kesenian dan kebudayaan di Sulawei Selatan, dan Indonesia pada umumnya. Karena kepeduliannya itulah sehingga pada tahun 1956 ia diundang oleh Presiden Soekarno  datang ke istana untuk membicarakan perkembangan kesenian dan kebudayaan di tanah air.

Sebagai seorang remaja di tahun 30an -40an, ia terlibat asmara dengan beberapa gadis yang hadir di hatinya. Bahkan ia terlibat kisah cinta yang rumit yang membuat hidupnya menjadi sulit. Namun demikian semua kerumitan cinta dan kehidupannya ia hadapi dengan kebesaran hatinya (Ati Raja) dan menyerahkan segalanya oada Ilahi Rabbi.

Pemain: Bojan, Jenifer Tungka, Chesya Tjoputra,  Stefani Vicky Adrias,  Laili Nurfaizi, Goenawan Monoharto, Jaty Lisal,  (Semua bintang lokal/ Makassar)

Lokasi shooting:
- Makassar
- Barru
- Pare-pare
- Gowa

KEYWORD :

Film Ati Raja Kabar Artis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :