Jum'at, 26/04/2024 20:43 WIB

Agar Tak Putus Sekolah, Anak Ini Dibuatkan Stasiun Kereta Api Khusus

Tanpa kereta api, nasib pendidikan Karina pun terancam, sehingga membuatnya khawatir sekaligus sedih.

Kereta api Rusia

Jakarta – Seorang gadis 14 tahun di Rusia tak jadi putus sekolah lantaran pengelola sepur membuatkan stasiun kereta api khusus untuknya.

Remaja yang bernama Karina Kozlova itu awalnya tak bisa pergi ke sekolah lantaran tak ada bis yang melewati desanya dan satu-satunya transportasi ialah kereta api. Namun sayang, di desanya tak memiliki stasiun.

Desa tempat tinggal Karina tidak memiliki satupun sekolah, sehingga mau tak mau membuatnya harus pergi ke Desa Zelenoborsky, desa terdekat yang memiliki sekolah.

Untuk pergi sekolah, Karina menumpang kereta api yang beroperasi melintasi desa tempat tinggalnya selama empat kali dalam sehari.

Namun malang, satu-satunya sarana transportasi andalan Karina itu tiba-tiba dikurangi jam operasionalnya, menjadi hanya beroperasi di sore dan malam hari.

"Tak ada bus ke Zelenoborsky. Sementara, kereta hanya beroperasi pada malam hari. Naik taksi akan menghabiskan ongkos 1.000 rubel (sekitar Rp 233 ribu). Kami tak punya uang sebanyak itu," kata ibunya dilansir RBT.

Tanpa kereta api, nasib pendidikan Karina pun terancam, sehingga membuatnya khawatir sekaligus sedih.

Mengetahui kepedihan tersebut, Irina Ageeva selaku kepala departemen pendidikan setempat, mengajukan permohonan ke pihak Kereta Api Rusia (RZhD) untuk mengembalikan layanan kereta api dari Poyakonda.

Hal itu dimaksudkan agar Karina bisa terus bersekolah, selain juga untuk memberi lebih banyak kesempatan bagi warga Desa Poyakonda untuk beraktivitas ke wilayah-wilayah sekitarnya.

Sekarang, kereta jurusan Murmansk-Sankt Peterburg akan terus berhenti di Poyakonda untuk mendukung kelancaran sekolah yang dijalani oleh Karina.

Jaringan rel kereta api memainkan peranan sangat penting dalam kehidupan masyarakat Rusia sejak awal Abad ke-20.

 

KEYWORD :

Kereta Api Rusia Sekolah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :