Jum'at, 03/05/2024 11:48 WIB

Menaker Hadiri ASEAN Labour di Singapura

M. Hanif Dhakiri menghadiri ASEAN Labour  Ministers Meeting on Occupational Safety and Health at the XXI World Congress On Safety and Health

Menaker

Singapura - Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri menghadiri ASEAN Labour Ministers Meeting on Occupational Safety and Health at the XXI World Congress On Safety and Health at Work 2017 atau pertemuan Menteri-menteri Tenaga Kerja ASEAN  dalam  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Kongres Dunia  ke-21 tentang K3 diadakan di Singapura, 3-8 September 2017.

Acara tersebut, dihadiri oleh Menteri- menteri Tenaga Kerja negara-negara ASEAN yang terdiri dari 10 negara yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja. 

Menurut Menaker, pertemuan tingkat menteri  untuk memperkuat komitmen dan kerja sama negara-negara ASEAN  dalam penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di lingkungan kerja.

"Kerjasama negara-negara ASEAN dalam penerapan standar K3 sangat penting karena  setiap pekerja memiliki hak atas lingkungan kerja yang aman dan sehat," kata Menaker, d Jakarta, Sabtu (22/8)

Untuk itu, lanjut Menaker dibutuhkan tekad kolektif ASEAN untuk mempercepat pengembangan K3 dan meningkatkan standar, kinerja dan kemampuan ASEAN melalui langkah-langkah untuk mengatasi risiko dan bahaya yang muncul di lingkungan bisnis dan teknologi baru yang berkembang.

Menteri Hanif menambahkan penerapan K3 di negara-negara kawasan ASEAN ini ditujukan juga untuk meningkatkan aspek perlindungan bagi para pekerja dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Penerapan standar  K3 di kawasan ASEAN  ini juga dapat memotivasi kita untuk mencapai Tujuan Pembangunan Ekonomi  Berkelanjutan pada tahun 2030 dan untuk menciptakan pekerjaan yang layak untuk semua," katanya.

Kerangka kerja K3 yang kuat di kawasan ASEAN, kata Hanif akan memberikan landasan yang kuat dalam mendukung tujuan Masyarakat Sosio-Kultural ASEAN untuk mengangkat kualitas hidup masyarakatnya dengan menempatkan kesejahteraan mereka sebagai prioritasnya.

Dalam kunjungan kerja ke Singapura ini, Menteri yang kerap disapa MHD juga diagendakan akan melakukan kunjungan ke Sekolah Indonesia Singapura untuk meninjau pelatihan TKI yang diselenggarakan KBRI Singapura.

Selain itu, Menteri MHD diagendakan juga melakukan  pertemuan bilateral dalamÄ· acara  jamuan makan malam dengan Menteri Tenaga Kerja  Singapura dan melakukan kunjungan ke "Workforce" Singapura.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :