Senin, 06/05/2024 09:05 WIB

Ayu Dewi Gelar Acara Potong Rambut Adat Gorontalo

Host musik Dahsyat Ayu Dewi menggelar acara potong rambut putra keduanya yang lahir pada Jumat 7 Juli 2017 lalu acara itu dilakukan dengan menggunakan adat Gorontalo

Ayu Dewi menggelar akiqah putra kedua ( foto jurnas.com-Munadi)

Jakarta - Host musik Dahsyat, Ayu Dewi, menggelar acara potong rambut putra keduanya yang lahir pada Jumat 7 Juli 2017 lalu, acara itu dilakukan dengan menggunakan adat Gorontalo.

Acara potong rambut Mohammad Aqlan Ujasyah, putra kedua pasangan Regi Datau dan Ayu Dewi  digelar pada Minggu (27/8), dan dihadiri sejumlah sanak familih dan kerabat dekat. Seperti Nindy, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Denny Cagur, Arsy, Aurel Hermansyah, Krisdayanti, Dian Ayu, Ari Gruvi, Uya Kuya, dan banyak lainnya.

Sebelum potong rambut dimulai,  Ayu sempat menggelar pengajian. Acara akiqah ini memakai adat Gorontalo, Sulawesi. Setelah pengajian dilanjutkan dengan acara aqiqah yang dibuka oleh mantan menteri perdagangan, Rahmad Gobel dan diteruskan dengan yang lainnya.

"Hari ini Aqlan acara gunting rambut, namanya Mohuntingo. Udah gitu kalau dilihat tadi kan dimulai dengan yasinan, dengan maksud mendoakan opa oma. Terus tadi ada gantungan buah pisang, pisangnya dua, ada Pinang juga. Kalau pisang artinya Mohuntingo," beber Ayu Dewi seusai acara potong rambut di jalan Supomo, Tebet, Jakarta Selatan, pada Minggu (27/8).

Ayu Dewi dan Regi Datau menggelar acara potong rambut itu mereka menggunakan sejumlah buah-buahan seperti pisang, pinang, dan lainnya. karena memiliki arti tersendiri, di adat Gorontalo.

"Potong rambut ini kalau pakai adat Gorontalo biasanya pakai buah-buah an seperti Pisang itu nggak sembarangan aja, ada artinya , hidup selalu berkumpul, nggak pernah sendiri. Ibaratnya selalu bersama dengan keluarga. Pisang juga tidak akan mati sebelum dia beregenerasi. Dia baru mati setelah regenerasi. Ini kan keturunan selanjutnya," jelasnya.

Ayu dan Regi pilih adat Gorontalo karena suami host dahsyat ini berdarah Gorontalo, sehingga ia harus mengikuti adat keluarga besarnya dengan adat Gorontalo.

"Jadi pokoknya hari ini senang bange aqiqahnya dengan adat Gorontalo. Pokoknya Guntjng rambut  menjadi pertanada bahwa anak ini memasuki usia 40 hari, yang artinya menuju dunia yang akan ia arungi dengan doa ," tambah Ayu.

KEYWORD :

Artis Indonesia Ayu Dia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :