Sabtu, 27/04/2024 18:29 WIB

Hanif Minta Perusahaan dan Pemerintah Serius Melatih TKL

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Hanif Dhakiri meminta agar perusahaan dan pemerintah daerah serius melatih tenaga kerja lokal

Menteri Hanif Dhakiri

Lhokseumawe – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Hanif Dhakiri meminta agar perusahaan dan pemerintah daerah serius melatih tenaga kerja lokal, agar bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja di proyek-proyek besar yang sedang beroperasi di daerah ini.

Hal itu dikatakannya dalam wawancara singkat dengan GoAceh di Lhokseumawe, Sabtu (15/7/2017), terkait persoalan tuntutan adanya tenaga kerja lokal di perusahaan Medco yang beroperasi di Aceh Timur.

“Kita harapkan perusahaan dan pemerintah daerah bisa bekerja sama untuk meningkatkan kompetensi para pekerja lokal. Sehingga nantinya para pekerja lokal ini bisa mengakses pekerjaan-pekerjaan yang ada,” katanya.

Sejauh ini, katanya, seringkali ada keterbatasan dari segi kemampuan dan kualitas sumber daya lokal, sehingga tidak bisa masuk untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan yang ada di proyek-proyek besar. “Perusahaan juga nggak mungkin dipaksa untuk merekrut orang-orang yang tidak memenuhi kualifikasi atau standar yang dibutuhkan. Nanti perusahaannya bisa goyang,” katanya.

Jalan keluar yang terbaik, kata Dia, adalah antara perusahaan dan pemerintah daerah bersama-sama memberi pelatihan yang memadai. “Keduanya harus memberi pelatihan pada masyarakat, untuk membantu mereka memiliki skill dan kualifikasi. Karena semua ini menjadi tanggung jawab kita semua,” katanya.

Perusahaan harus tetap jalan, karena ini menyangkut roda ekonomi daerah. Masyarakat juga harus ditingkatkan kuliatasnya sebagai tenaga kerja skill. “Karena itu saran saya perusahaan dan pemerintah daerah harus bekerja sama memberi pelatihan,” pungkasnya.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :