Jum'at, 26/04/2024 10:19 WIB

Putus Hubungan Taiwan, Panama Buka Kedutaan di China

Sikap Panama memutus hubungan dengan Taiwan menjadi kemenangannya untuk mengurangi negara lainnya.

Panama negara yang membuka diplomatik dengan China

Panama City - Negara Panama akhirnya membuka kedutaan besarnya di China, setelah negara Amerika Tengah itu memutus hubungan diplomatik dengan Taiwan.

Namun bagi China, sikap Panama memutus hubungan dengan Taiwan menjadi kemenangannya untuk mengurangi negara lainnya. Karena China menanggap Taiwan sebagai negara kepulauan yang memberontak dari pemerintahan Beijing.

Pembukaan Kedutaan Besar Panama itu disampaikan Kementerian Luar Negeri setempat. Kedutaan tersebut telah berfungsi, meskipun seorang duta besar belum diutus.Dalam pernyataannya, Panama mengatakan, sudah menjalin diplomatik dengan China sejak Juni lalu.

"Pembukaan kedutaan Republik Panama di Republik Rakyat China telah dilakukan sesuai dengan aturan yang mendikte hubungan diplomatik antara kedua negara," kata Kementerian Luar Negeri Panama dalam pernyataan.

Kerjasama China dengan Panama ini dijalin melalui Komunitas bisnis Panama dengan  membantu terwujudnya kesepakatan diplomatik tersebut. Panama berharap dapat memperdalam hubungan dengan pelanggan utama negara itu.

KEYWORD :

China Hubungan Diplomatik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :