Jum'at, 26/04/2024 10:20 WIB

Penyebar Hoax Pembakaran Alkitab di Papua Ditangkap

Provokator dan penyebar isu pembakaran Alkitab sebagai kitab suci umat Kristen, di Kota Jayapura, Papua, berhasil ditangkap oleh tim gabungan TNI/Polri.

Pembakaran sampah tumpukan buku yang diduga Alkitab di Papua

Jakarta - Provokator dan penyebar isu pembakaran Alkitab sebagai kitab suci umat Kristen, di Padang Bulan, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Kamis (25/5) berhasil ditangkap oleh tim gabungan TNI/Polri.

Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, provokator dan penyebar isu pembakaran Alkitab tersebut masih dalam proses penyidikan oleh pihak yang berwajib.

"Pelaku penyebar isu dan provokator pemalangan jalan telah kami amankan untuk kemudian dilakukan proses penyidikan guna mempertanggung jawabkan perbuatannya," kata Musthofa, melalui keterangan persnya, Jumat (26/5).

Dua orang yang berhasil ditangkap tersebut berinisial JL penyebar isu pembakaran Alkitab dan FT sebagai provokator pemalangan jalan serta penganiayaan Kapolres Jayapura Kota, AKBP Tober Sirait.

"JL dan FT ditangkap saat aparat kepolisian berusaha membubarkan massa yang melakukan aksi pemalangan jalan Abepura-Waena, Kamis (25/5) sekitar pukul 16.30 WIT," jelasnya.

Ia menjelaskan, keterlibatan JL diduga ingin mengaitkan kasus yang menjerat Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, di Jakarta. "Indikasi mungkin ada, tapi saat ini kami sedang mendalami kasus ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kamal mengimbau agar warga Jayapura tidak mudah terprovokasi terhadap isu-isu yang disebar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebab, dengan kondisi saat ini banyak pihak yang sengaja ingin memperkeruh suasana di Kota Jayapura.

KEYWORD :

Gerakan Radikalisme Pembakaran Alkitab Papua




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :