Sabtu, 27/04/2024 18:55 WIB

India Hadapi Kemarau Berpotensi Mematikan

Indeks Kerentanan Panas (HVI) memprediksi India akan dilanda musim kemarau berpotensi mematikan

Ilustrasi kekeringan

Jakarta - Indeks Kerentanan Panas (HVI) memprediksi India akan dilanda musim kemarau yang berpotensi mematikan. Menurut laporan tersebut, penduduk yang tinggal di bagian terbelakang India Tengah paling rentan terhadap dampak kesehatan dari gelombang panas.

Indeks tersebut mempertimbangkan berbagai faktor termasuk usia, pendapatan dan kesehatan seseorang, serta tumbuhan-tumbuhan hijau di suatu daerah, yang memiliki kaitan dengan kerentanan panas masyarakat. Dari 640 (dari 707) kabupaten di negara, 10 kabupaten beresiko tinggi mengahadapi panas yang berkepanjangan.

Enam di antaranya berada di daerah tertinggal di Madhya Pradesh dan Chhattisgarh. Sebaliknya, 20 distrik dalam kategori berisiko rendah sebagian besar berada di negara bagian Kerala dan Goa yang relatif maju dan wilayah serikat pekerja Lakshadweep, menurut laporan Business Standard, dilansir Financial Tribune, pada Minggu (21/5)

Jumlah kematian akibat gelombang panas yang tercatat pada 2015lebih dari 2.400 lebih tinggi daripada jumlah kematian akibat bencana alam lainnya.

KEYWORD :

India Panas Kemarau




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :