Sabtu, 27/04/2024 19:41 WIB

Jembatan Baltimore Runtuh, Perusahaan Asuransi Hadapi Kerugian hingga $4 Miliar

Jembatan Baltimore Runtuh, Perusahaan Asuransi Hadapi Kerugian hingga $4 Miliar

Pemandangan kapal kargo Dali yang menabrak Jembatan Francis Scott Key yang menyebabkannya runtuh di Baltimore, Maryland, AS, 27 Maret 2024. REUTERS

LONDON - Runtuhnya Jembatan Francis Scott Key di Baltimore dapat menyebabkan kerugian klaim bagi perusahaan asuransi hingga miliaran dolar, kata para analis. Ada yang memperkirakan kerugian sebesar $4 miliar, sehingga menjadikan tragedi tersebut sebagai rekor kerugian asuransi pelayaran.

Enam orang masih hilang setelah tabrakan dengan kapal kontainer berbendera Singapura menghancurkan jembatan penting tersebut pada hari Selasa, memaksa penutupan salah satu pelabuhan tersibuk di AS.

Dengan sedikit kejelasan mengenai kapan Pelabuhan Baltimore akan dibuka kembali, perusahaan asuransi dan analis kini menilai kemungkinan kerugian yang ditanggung oleh penjamin emisi di beberapa lini produk termasuk properti, kargo, kelautan, kewajiban, kredit perdagangan, dan gangguan bisnis kontinjensi.

“Tergantung pada lamanya penyumbatan dan sifat cakupan gangguan bisnis di Pelabuhan Baltimore, kerugian yang diasuransikan bisa berjumlah antara $2 miliar hingga $4 miliar,” kata Marcos Alvarez, direktur pelaksana pemeringkatan asuransi global di Morningstar DBRS. Jumlah tersebut akan melampaui rekor kerugian yang diasuransikan akibat bencana kapal pesiar mewah Costa Concordia pada tahun 2012, katanya.

Mathilde Jakobsen, direktur senior, analitik di lembaga pemeringkat asuransi AM Best, juga mengatakan klaim tersebut kemungkinan akan mencapai "miliaran dolar".

Asuransi pertanggungjawaban kapal, yang mencakup kerusakan dan cedera lingkungan laut, diberikan melalui perusahaan asuransi perlindungan dan ganti rugi yang dikenal sebagai P&I Clubs.

Grup Klub P&I Internasional secara kolektif mengasuransikan sekitar 90% tonase lautan di dunia dan klub-klub P&I anggotanya saling mengasuransikan kembali satu sama lain dengan berbagi klaim di atas $10 juta. Grup IG menolak berkomentar.

Menurut AM Best, grup tersebut memiliki perlindungan reasuransi kelebihan kerugian umum hingga nilai $3,1 miliar.

Analis Moody`s Ratings, Brandan Holmes, mengatakan sekitar 80 perusahaan reasuransi berbeda memberikan perlindungan kepada perusahaan asuransi kapal.

“Meskipun total klaim diperkirakan tinggi, namun hal ini sepertinya tidak akan signifikan bagi masing-masing perusahaan reasuransi karena klaim tersebut akan tersebar ke banyak perusahaan,” katanya.

Perusahaan asuransi Britannia P&I mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal, bernama Dali, dimasukkan ke dalam klub tersebut, menambahkan bahwa pihaknya bekerja sama dengan manajer kapal dan otoritas terkait “untuk menetapkan fakta dan membantu memastikan bahwa situasi ini ditangani dengan cepat dan cepat. secara profesional".

Loretta Worters, juru bicara Lembaga Informasi Asuransi, mengatakan AXA XL (AXAF.PA), membuka tab baru sebagai perusahaan reasuransi utama pada lapisan pertama perlindungan program reasuransi IG, dengan perusahaan reasuransi global lainnya juga terlibat. AXA XL tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Alvarez mengatakan bencana ini kemungkinan akan memberikan tekanan pada tingkat asuransi kelautan secara global.

Worters menambahkan dia percaya Aon (AON.N), membuka tab baru sebagai broker asuransi untuk polis properti jembatan. Insurance Insider melaporkan bahwa Chubb (CB.BN), membuka tab baru, adalah penjamin emisi utama polis tersebut. Aon dan Chubb menolak berkomentar.

Perkiraan awal biaya pembangunan kembali jembatan tersebut, yang kemungkinan besar akan ditanggung oleh pemerintah federal, adalah sebesar $600 juta, kata perusahaan analisis perangkat lunak ekonomi IMPLAN.

Penutupan pelabuhan hanya dalam satu bulan dapat menimbulkan kerugian total sebesar $28 juta bagi negara bagian Maryland, menurut analisis IMPLAN.

“Gangguan dan penderitaan ekonomi yang dirasakan oleh dunia usaha dan individu di Maryland dan kawasan ekonomi Baltimore akan meluas dan kemungkinan memerlukan waktu bertahun-tahun untuk sepenuhnya memahami dan memberikan kompensasi kepada mereka yang terkena dampak,” kata Julien Horn, partner, Ports & Terminals and Logistics, di broker asuransi McGill dan Mitra.

KEYWORD :

Jembatan Runtuh Baltimore Tertabrak Kapal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :