Sabtu, 27/04/2024 16:56 WIB

Dua Jenazah Ditemukan di Dalam Truk Pikap Setelah Jembatan Baltimore Runtuh

Dua Jenazah Ditemukan di Dalam Truk Pikap Setelah Jembatan Baltimore Runtuh

Tim penyelamat mencari korban runtuhnya Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat akibat ditabrak kapal kargo. (FOTO: SHUTTERSTOCK)

JAKARTA - Dua jenazah ditemukan Rabu pagi (27/3/2024) setelah runtuhnya Jembatan Francis Scott Key atau Jembatan Baltimore.

Pihak berwenang mengatakan dalam konferensi pers Rabu sore bahwa kedua jenazah itu ditemukan di dalam truk pikap merah oleh penyelam sesaat sebelum jam 10 pagi.

Truk itu terendam air sedalam 25 kaki, kata Roland Butler Jr., pengawas Kepolisian Negara Bagian Maryland.

Para korban yang ditemukan di dalam truk diidentifikasi oleh petugas sebagai Alejandro Hernandez Fuentes (35) dari Baltimore, dan Dorlian Ronial Castillo Cabrera (26) dari Dundalk. Keluarga mereka diberitahu pada Rabu sore.

Jeffrey Pritzker, wakil presiden eksekutif Brawner Builders, mengatakan kepada Washington Post bahwa kedua korban termasuk pekerja yang hilang setelah jembatan runtuh.

“Berkoordinasi dengan mitra FBI kami, kami telah menentukan negara asal mereka yang diduga meninggal adalah Meksiko, Guatemala, El Salvador, dan Honduras,” kata Butler.

Keenam pekerja konstruksi tersebut hilang setelah jembatan runtuh sekitar pukul 01.30 waktu setempat setelah ditabrak oleh kapal kontainer sepanjang 985 kaki dan lebar 157 kaki pada Selasa pagi yang sedang meninggalkan pelabuhan.

Dua pria lainnya yang bekerja di jembatan selamat.

Selasa malam, Laksamana Muda Penjaga Pantai AS Shannon N. Gilreath mengatakan dia yakin orang-orang yang hilang – yang bekerja untuk memperbaiki lubang di jembatan – tidak akan ditemukan hidup.

“Saya ingin mengumumkan malam ini bahwa berdasarkan lamanya waktu yang kami lakukan untuk melakukan pencarian ini, upaya pencarian ekstensif yang kami lakukan, suhu air, pada saat ini, kami tidak percaya bahwa kami `akan menemukan salah satu dari orang-orang ini masih hidup,` kata Gilreath dalam konferensi pers, Selasa malam (26/3/2024).

Ayah tiga anak, Miguel Luna – yang berasal dari El Salvador, namun telah tinggal di Maryland selama lebih dari 19 tahun – sebelumnya disebutkan sebagai salah satu korban.

Maynor Yassir Suazo Sandoval, ayah dua anak asal Honduras, juga hilang sejak jembatan tersebut runtuh. Saudara laki-laki Sandoval mengonfirmasi kepada CNN bahwa dia belum ditemukan.

Saudara laki-laki Sandoval mengatakan kepada outlet bahwa saudaranya telah tinggal di AS selama 18 tahun dan merupakan ayah dari seorang putra berusia 18 tahun dan seorang putri berusia 5 tahun.

Menurut Kementerian Luar Negeri Guatemala, seorang pria berusia 26 tahun dari San Luis dan seorang pria berusia 35 tahun dari Camotan termasuk di antara mereka yang hilang, namun mereka tidak menyebutkan namanya.

Seorang pejabat kedutaan Meksiko mengatakan kepada wartawan bahwa warga negara Meksiko termasuk di antara mereka yang belum ditemukan, menurut outlet tersebut.

Sebelum kapal kontainer menabrak Jembatan Baltimore, awak kapal sempat mengeluarkan seruan "mayday".

Peringatan dini memungkinkan para pejabat untuk “menghentikan arus lalu lintas sehingga tidak ada lebih banyak mobil yang berada di jembatan” pada saat terjadi kecelakaan dan keruntuhan, kata Moore.

“Banyak kendaraan dihentikan sebelum mereka sampai di jembatan, sehingga menyelamatkan nyawa,” kata gubernur kepada wartawan Selasa pagi.

“Orang-orang ini adalah pahlawan.” (*)

 

KEYWORD :

Jembatan Baltimore kapal kargo Francis Scott Key




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :