Sabtu, 27/04/2024 16:43 WIB

Cek Fakta: Salah, Ganjar Serahkan Bukti Banyak Suara Prabowo dari Hasil Curang

Cek Fakta: Salah, Ganjar Serahkan Bukti Banyak Suara Prabowo dari Hasil Curang

Cek Fakta: Salah, Ganjar Serahkan Bukti Banyak Suara Prabowo dari Hasil Curang. (Foto: Cekfakta)

Jakarta, Jurnas.com - Channel youtube KUMPARAN TV membagikan sebuah video yang menampilkan gambar thumbnail Ganjar Pranowo seolah sedang menyerahkan berkas.

Dalam thumbnail itu dicantumkan narasi bahwa Ganjar serahkan bukti banyaknya suara Prabowo adalah hasil dari kecurangan.

“BERITA TERBARU. GANJAR SERAHKAN BUKTI CURANG. GANJAR TAK TERIMA SUARA PRABOWO MELESAT TINGGI HINGGA 50%,” demikian keterangan yang dicantumkan dalam thumbnail video yang diunggah pada 5 Maret 2024 lalu tersebut.

Faktanya, berdasarkan penelusuran Tim Kolaisi Cek Fakta, gambar thumbnail yang ditampilkan merupakan hasil manipulasi.

Selain itu, video tersebut mencantumkan judul “GEGER SORE INI || GANJAR SER4HKAN BUKTI BANYAKNYA SUARA PRABOWO DARI HASIL CURANG M QODARI MELAWAN”. Namun, dalam video berdurasi 10 menit 8 detik itu hanya berisi beberapa cuplikan video yang tidak mendukung klaim narasi.

Dilansir cekfakta.com, pada awal video terdapat narasi yang membahas tentang Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari memberikan klarifikasi terkait video berdurasi 0:33 menit yang diunggah akun medsos X oleh akun anonim @Yurissa_Samosir.

Narasi tersebut identik dengan artikel rmol.id berjudul ‘Bantah Ada Kecurangan, Qodari Tegaskan Hasil Pemilu Murni Suara Rakyat’ yang diunggah pada 25 Februari 2024 lalu.

Narasi selanjutnya masih membahas terkait Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari, telah memberikan klarifikasi terkait potongan video yang telah disalin tanpa konteks yang jelas dan diberi caption menyesatkan.

Narasi tersebut bersumber dari artikel ayobatang.com yang berjudul ‘Klarifikasi M. Qodari: Potongan Video Viral Soal Desain Kecurangan Pemilu Tidak Berdasar’.

Selain itu, narator dalam video juga membacakan artikel dari viva.co.id dengan judul “Seru! Duel Argumen Qodari vs Rocky Gerung: Imajinasi Abang Sesat, Kita Harus Bicara Fakta” yang publikasikan pada 24 Februari 2024 lalu.

Artikel ini membahas dua pengamat politik yaitu M. Qodari dan Rocky Gerung yang terlibat perdebatan soal pengguliran hak angket DPR dugaan kecurangan di Pilpres 2024. Duel argumen keduanya terjadi yang salah satunya saat singgung imajinasi sesat.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim Ganjar serahkan bukti banyak suara Prabowo adalah hasil dari kecurangan tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Faktanya tidak ditemukan informasi terkait klaim yang beredar. Video tersebut hanya berisi beberapa cuplikan video berbeda yang digabung menjadi satu dan tidak mendukung klaim narasi.

Sumber Rujukan:

https://www.youtube.com/watch?v=VYI5wglznlA

https://cekfakta.com/focus/16550

https://rmol.id/politik/read/2024/02/25/610712/bantah-ada-kecurangan-qodari-tegaskan-hasil-pemilu-murni-suara-rakyat

https://www.ayobatang.com/batang-raya/3711968771/klarifikasi-m-qodari-potongan-video-viral-soal-desain-kecurangan-pemilu-tidak-berdasar

https://www.viva.co.id/berita/politik/1690498-seru-duel-argumen-qodari-vs-rocky-gerung-imajinasi-abang-sesat-kita-harus-bicara-fakta?page=1

KEYWORD :

Prabowo Cek Fakta Ganjar Pranowo -Subianto Pilpres Pemilu 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :