Senin, 06/05/2024 08:40 WIB

Terapkan Metode Baru, Alabama Beri Gas Nitrogen pada Terpidana Mati

Terapkan Metode Baru, Alabama Beri Gas Nitrogen pada Terpidana Mati

Komisaris Departemen Pemasyarakatan Alabama John Hamm berjabat tangan dengan Mike Sennett, di Fasilitas Pemasyarakatan Holman, di Atmore, Alabama, AS, 25 Januari 2024. Foto: Reuters

ATMORE - Alabama pada Kamis mengeksekusi terpidana pembunuh Kenneth Smith, yang menahan napas dengan sia-sia ketika para petugas membuat dia sesak napas dengan gas nitrogen. Penggunaan gas ini pertama kali dilakukan dari metode hukuman mati baru sejak suntikan mematikan dimulai di AS. empat dekade lalu.

Smith, yang dihukum karena pembunuhan pada tahun 1988, adalah tahanan langka yang berhasil selamat dari satu upaya eksekusi. Pada November 2022, pejabat Alabama membatalkan eksekusinya dengan suntikan mematikan setelah berjuang berjam-jam untuk memasukkan jarum infus ke dalam tubuhnya.

Negara bagian tersebut menyebut protokol baru yang diawasi dengan ketat sebagai “metode eksekusi yang paling tidak menyakitkan dan manusiawi yang pernah diketahui manusia.” Diperkirakan Smith akan kehilangan kesadaran dalam waktu kurang dari satu menit dan meninggal segera setelahnya, meskipun para saksi pada hari Kamis mengatakan tampaknya hal itu memakan waktu beberapa menit lebih lama.

Alabama menyebut sesak napas sebagai alternatif yang lebih sederhana untuk sistem penjara yang kesulitan menemukan pembuluh darah atau obat yang diperlukan untuk suntikan mematikan.

Kelompok hak asasi manusia, pakar penyiksaan PBB, dan pengacara Smith telah berupaya mencegah hal tersebut, dengan mengatakan bahwa metode tersebut berisiko, bersifat eksperimental dan dapat menyebabkan kematian yang menyakitkan atau cedera yang tidak fatal.

Dalam perjalanan Smith yang kedua dan terakhir ke ruang eksekusi pada hari Kamis, para algojo menahannya di brankar dan mengikatkan masker respirator komersial yang aman ke wajahnya. Sebuah tabung berisi nitrogen murni ditempelkan pada masker yang, setelah mengalir, akan menghilangkan oksigen dari tubuhnya.

Eksekusi dimulai pada 19:53. (0153 GMT Jumat) dan Smith dinyatakan meninggal pada pukul 20:25. (02.25 GMT), kata petugas penjara.

Smith tampak tetap sadar selama beberapa menit setelah nitrogen diaktifkan, menurut lima jurnalis yang diizinkan menyaksikan eksekusi melalui kaca sebagai saksi media. Meskipun maskernya juga terpasang di brankar, dia kemudian mulai menggelengkan kepala dan menggeliat selama sekitar dua menit, dan kemudian terlihat bernapas dalam-dalam selama beberapa menit sebelum napasnya melambat dan tidak terlihat, kata para saksi.

“Tampaknya Smith menahan napas selama yang dia bisa,” kata Komisaris Lembaga Pemasyarakatan Alabama, John Hamm, pada konferensi pers. "Dia sedikit kesulitan melawan kekangan, tapi itu adalah gerakan yang tidak disengaja dan pernapasan yang menyiksa. Jadi itu sudah diduga."

Pendeta Jeff Hood, penasihat spiritual Smith, berada di sisi Smith saat eksekusi, dan mengatakan petugas penjara di ruangan itu "terlihat terkejut melihat betapa buruknya kejadian ini."

“Apa yang kami lihat adalah saat-saat seseorang berjuang untuk hidupnya,” Hood, yang menghadiri eksekusi kelima dalam 15 bulan terakhir, mengatakan kepada wartawan. "Kami melihat beberapa saat seseorang terengah-engah. Kami melihat ludah. Kami melihat segala macam benda dari mulutnya muncul di masker. Kami melihat masker ini diikat ke brankar, dan dia menjulurkan kepalanya ke depan berulang kali."

Sebelum nitrogen dinyalakan, Smith membuat pernyataan akhir yang panjang dan dimulai: "Malam ini, Alabama menyebabkan umat manusia mengambil langkah mundur."

Istrinya dan kerabat lainnya hadir dan dia memberi isyarat ke arah mereka. “Saya pergi dengan cinta, kedamaian dan cahaya,” katanya, menurut saksi media. "Cintai kalian semua."

TANTANGAN GAGAL
Smith mengajukan gugatan hukum di pengadilan federal dengan alasan bahwa metode baru Alabama merupakan "hukuman yang kejam dan tidak biasa" yang inkonstitusional, namun ia gagal melewati batas yang diperlukan agar hakim memerintahkan penundaan eksekusinya.

Pengacaranya menyampaikan kekhawatiran bahwa masker tersebut tidak akan menempel dengan baik di wajah Smith, sehingga memungkinkan oksigen meresap ke dalam, menunda atau bahkan mencegah momen tidak sadarkan diri namun berisiko mengalami cedera otak yang serius.

Meskipun gas beracun seperti hidrogen sianida telah digunakan dalam eksekusi di Amerika Serikat dan negara-negara lain di masa lalu, ini adalah pertama kalinya hukuman mati dilakukan di mana saja dengan menggunakan gas inert untuk mencekik seseorang, kata para ahli hukuman mati.

Oklahoma dan Mississippi juga telah menyetujui metode mati lemas dengan nitrogen untuk eksekusi, namun belum menerapkannya.

Smith, yang menderita mual sejak dia selamat dari upaya eksekusi pertamanya, juga mengungkapkan kekhawatiran dia akan muntah di balik topeng dan tersedak. Sebagai tanggapan, petugas penjara mengatakan mereka akan menyajikan makanan terakhirnya pada Kamis pagi dan melarang makanan padat apa pun setelah jam 10 pagi. Makanan terakhirnya adalah steak, kentang goreng, dan telur.

Mahkamah Agung AS mayoritas menolak permohonan terakhir Smith untuk menunda kematiannya pada Kamis malam, dan eksekusi dimulai segera setelahnya.

"Pada 18 Maret 1988, nyawa Elizabeth Sennett yang berusia 45 tahun diambil secara brutal oleh Kenneth Eugene Smith," kata Gubernur Alabama Kay Ivey, seorang anggota Partai Republik, dalam sebuah pernyataan.

"Setelah lebih dari 30 tahun dan upaya demi upaya untuk mempermainkan sistem, Tuan Smith telah menjawab kejahatannya yang mengerikan."

Smith dihukum karena membunuh Sennett, istri seorang pengkhotbah, setelah dia dan kaki tangannya masing-masing menerima bayaran $1.000 dari suaminya untuk membunuhnya, menurut kesaksian persidangan.

Sebelas dari 12 juri memutuskan untuk menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada Smith, namun seorang hakim di Alabama menolak rekomendasi mereka berdasarkan undang-undang yang telah dihapuskan karena dianggap inkonstitusional.

Beberapa kerabat Sennett menghadiri eksekusi tersebut dan mengatakan kepada wartawan bahwa mereka telah memaafkan pembunuh Sennett.
“Apa pun yang terjadi di sini hari ini tidak akan membawa ibu kembali,” kata Mike Sennett. "Ini adalah hari yang pahit, kami tidak akan melompat-lompat, berteriak-teriak, bersorak-sorai, dan sebagainya, itu bukan kami. Kami senang hari ini telah berakhir."

KEYWORD :

alabama Eksekusi Mati Gas Nitrogen




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :