Jum'at, 03/05/2024 04:37 WIB

Ribuan Banser Berkumpul di Ragunan. Ada Apa?

Komitmen Banser untuk menjaga keutuhan NKRI.

Ketua GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas

Jakarta - Ribuan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU berkumpul di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (18/4) sore. Ada kaitannya dengan Pilkada DKI?

Oh rupanya, mereka berkumpul untuk menggelar apel siaga dalam rangka untuk menyolidkan visi, misi dan pergerakan organisasi menyambut Hari Lahir ke-83 Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang jatuh pada 24 April 2017. Mereka berkumpul untuk mengadakan acara Apel Kebangsaan dan Kemah Kemanusiaan bertajuk, "Memperteguh Semangat Kebangsaan, Membawa Khazanah Islam untuk Perdamaian Dunia".

Ribuan peserta yang datang berseragam lengkap dengan baret hijau corak loreng bak personel militer. Mereka lngsung membentuk barisan dan menggelar apel tak lama turun dari bus masing-masing.

Ketua GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, apel siaga ini tidak ada kaitan dengan pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta pada Rabu (19/4) besok. Namun demikian, jika negara memanggil dan membutuhkan bantuan Banser, mereka sudah siap sedia. "Orang tentu akan mengkaitkan apa ada kaitan ini dengan Pilkada DKI. Saya bilang enggak ada kaitan sama sekali tidak. Ini apel yang biasa kami lakukan. Tetapi apabila negara memanggil, aparat keamanan membutuhkan kami, kami sudah siap di sini. Tapi, itu bukan tujuan utama kami," jelas Yaqut.

DIa menegaskan, Banser tidak akan menggerakkan anggotanya ke TPS untuk menghalau agenda Tamasya Al-Maidah yang direncanakan pihak tertentu. Dia bahkan menyindir tentang rencana Tamasya yang menurutnya tidak jelas itu. "Itu Tamasya apa sih, mending di Ragunan, tamasya kok enggak jelas begitu," sindir Yaqut.

Dia kembali menegaskan tentang komitmen Banser untuk menjaga keutuhan NKRI. Dia mengungkapkan, jika negara kewalahan menghadapi musuh yang mengancam Indonesia, maka Banser siap sedia bergerak membantu. "Polisi itu sekitar 450 ribu, TNI 750 ribu kalau Banser itu punya hampir 2 juta anggota se-Indonesia, sekitar 1,7 juta anggota. Jadi kalau negara kewalahan menghadapi musuh yang mengancam negara, kami siap memberikan bantuan di sini," tandasnya.

Banser merupakan badan otonom dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang berada di bawah naungan ormas terbesar se-Indonesia, NU.

KEYWORD :

Banser GP Ansor Pilkada DKI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :