Sabtu, 27/04/2024 05:32 WIB

Referendum Turki

Kubu Erdogan Klaim Raih Kemenangan

Jumlah suara yang mendukung kelanjutan Erdogan yang masih berproses sebanyak 51,32 persen dan yang menolak sebanyak 48,68 persen

Pendukung Presiden Turki, Recep Toyyip Erdogan turun ke jalan memberikan dukungan referendum

Ankara - Kubu dari pendukung Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan sudah mengklaim kemenangannya pada gelaran pemungutan suara referendum konsitusi. Padahal hasilnya baru mencapai angka 98,4 persen penduduk yang berhak memilih. Hasil ini ditentang oleh kubu oposisi karena dikhawatirkan akan memberikan kewenangan berkuasa penuh Erdogan.

Jumlah suara yang mendukung kelanjutan Erdogan yang masih berproses sebanyak 51,32 persen dan yang menolak sebanyak 48,68 persen yang diraih dari tiga kota besar, yakni Istambul, Izmir, dan Ankara.

Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim menyatakan, kalau Turki akan membuka lembaran baru demokrasi, dibawah kepemimpinan Erdogan. "Sistem kepemimpinan presiden, menurut hasil yang belum disahkan, sebagian besar didukung oleh penduduk Turki," kata Yildirim di hadapan para pendukungnya.

Kata Yildirim lagi, "ini adalah keputusan yang dibuat oleh rakyat. Dalam sejarah demokrasi kita, lembaran baru telah dibuka."

Bagi pihak oposisi, Partai Rakyat Republik (CHP), pernyataan itu sepihak.  Dilansir CNN, Juru bicara partai, Bulent Tezcan, mengatakan kalau kemenangan pemungutan suara referendum harus berjumlah lebih dari 60 persen. "Kami akan melakukan tuntutan hukum atas aturan yang tidak baku ini," kata Tezcan.

KEYWORD :

Recep Tayyip Erdogan Turki Referendum




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :