Jum'at, 10/05/2024 23:14 WIB

Aturannya Belum Tepat, Parlemen Thailand akan Perketat Penggunaan Ganja

Aturannya Belum Tepat, Parlemen Thailand akan Perketat Penggunaan Ganja

Ilustrasi tanaman ganja

BANGKOK, 20 September (Reuters) - Anggota parlemen Thailand akan memperbarui dorongan untuk undang-undang menyeluruh tentang penggunaan ganja untuk tujuan medis dan penelitian, kata seorang anggota parlemen senior pada hari Rabu, lebih dari setahun setelah narkotika itu dilegalkan tanpa peraturan yang tepat.

Tahun lalu, Thailand menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mendekriminalisasi ganja, namun karena tidak adanya tindakan khusus, pemerintah harus segera mengeluarkan peraturan untuk mencegah penggunaan ganja secara tidak terkendali, terutama di kalangan anak-anak.

Undang-undang baru ini akan menargetkan industri yang diperkirakan bernilai hingga $1,2 miliar selama beberapa tahun ke depan, dengan toko-toko ganja bermunculan di ibu kota Bangkok dan tempat-tempat wisata, seperti pulau resor Phuket.

“Ganja akan diperketat untuk tujuan medis dan penelitian,” kata Saritpong Kiewkong dari partai Bhumjaithai, yang mempelopori dekriminalisasi dan sekarang menjadi komponen terbesar kedua dari pemerintahan koalisi 11 partai di Thailand.

“Tidak ada kebijakan untuk penggunaan rekreasi,” kata anggota parlemen tersebut kepada wartawan di parlemen, seraya menambahkan bahwa langkah-langkah tersebut belum dipertimbangkan.

Rancangan undang-undang tersebut, yang mengkonsolidasikan langkah-langkah terhadap penggunaan barang publik yang kini menjadi andalan pemerintah untuk mengendalikan perilaku buruk, diperkirakan akan memakan waktu satu tahun untuk diselesaikan dan disahkan.

Hal ini mencakup izin untuk menanam tanaman, penjualan dan distribusi, serta tindakan yang lebih ketat terhadap penjualan di kuil, sekolah, dan taman hiburan.

Pekan lalu, Perdana Menteri Srettha Thavisin mengatakan dia hanya mendukung penggunaan ganja untuk tujuan medis, dan bukan untuk rekreasi.

KEYWORD :

Parlemen Thailand Aturan Ketat Legalisasi Ganja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :