Sabtu, 18/05/2024 15:27 WIB

Stasiun TV China Potong Adegan Suporter di Piala Dunia Tanpa Masker

Stasiun TV China Potong Adegan Suporter di Piala Dunia Tanpa Masker.

Penjaga keamanan dalam pakaian pelindung berjaga-jaga di dekat papan Kontrol Pencegahan Epidemi yang dipajang di luar lingkungan di Beijing pada 27 November 2022. (Foto: AP/Andy Wong)

JAKARTA, Jurnas.com - Penyiar negara China memotong gambar close-up penggemar tanpa masker di Piala Dunia Qatar, setelah liputan awal memicu kemarahan di rumah di mana protes jalanan meletus karena pembatasan COVID-19 yang keras.

China adalah ekonomi besar terakhir yang masih berusaha untuk membasmi penyebaran domestik COVID-19 dengan penguncian cepat, karantina panjang, dan kampanye pengujian massal.

Selama siaran langsung pertandingan grup hari Minggu (27 November) antara Jepang dan Kosta Rika, penyiar CCTV Sports mengganti gambar close-up dari penggemar tanpa topeng yang mengibarkan bendera dengan gambar pemain, ofisial atau stadion sepak bola, AFP mengamati.

CCTV Sports menunjukkan tembakan jarak jauh dari penonton di mana sulit untuk melihat wajah individu, dan lebih sedikit tembakan penonton dibandingkan dengan siaran langsung dari pertandingan yang sama di platform online termasuk Douyin - TikTok versi China.

Bentrokan di Shanghai saat protes COVID-19 berkobar di puluhan juta orang di kota-kota besar termasuk Beijing, Guangzhou, dan Chongqing berada di bawah beberapa bentuk penguncian pada hari Minggu - kontras dengan keramaian Piala Dunia yang membuat marah banyak pengguna media sosial China.

Surat terbuka yang mempertanyakan kebijakan COVID-19 negara itu dan menanyakan apakah China "berada di planet yang sama" dengan penyebaran Qatar di aplikasi perpesanan WeChat yang populer pada hari Selasa, sebelum sensor menghapusnya dari platform tersebut.

Ratusan orang turun ke jalan di Beijing dan Shanghai pada hari Minggu untuk memprotes kebijakan nol-COVID China dalam curahan kemarahan publik yang jarang terjadi terhadap negara.

KEYWORD :

Aturan Ketat China Piala Dunia Pandemi COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :