Senin, 13/05/2024 16:29 WIB

Simak Penjelasan Pola Hidup Sehat di Tengah Memburuknya Polusi Udara

World Health Organization menyebutkan bahwa polusi udara didefinisikan sebagai kondisi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh zat kimia, fisika, atau biologi yang dapat mengubah karakteristik alami atmosfer. Dampak dari menghirup zat berbahaya tersebut itu menyebabkan masalah pernapasan dan gangguan pada organ tubuh manusia.

Ilustrasi makanan untuk menjaga tubuh dari polusi udara ( Foto : Kompas.com )

Jakarta, Jurnas.com - Tingkat polusi udara yang semakin mengkhawatirkan membuat tubuh harus kembali beradaptasi dengan keadaan udara yang tidak sepenuhnya baik untuk dihirup saat ini. Imbasnya, banyak masyarakat yang merasa khawatir untuk berakitivitas di luar ruangan. Tentunya, tubuh pun memerlukan perlindungan lebih agar bisa terjaga dari segala penyakit berbahaya. 

World Health Organization menyebutkan bahwa polusi udara didefinisikan sebagai kondisi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh zat kimia, fisika, atau biologi yang dapat mengubah karakteristik alami atmosfer. Dampak dari menghirup zat berbahaya tersebut itu menyebabkan masalah pernapasan dan gangguan pada organ tubuh manusia. 

Oleh karena itu, gaya hidup sehat dengan makan makanan yang kaya akan kandungan vitamin bisa mencegah dari efek polusi yang berbahaya bagi tubuh.

Lantas, apa saja makanan yang dapat dikonsumsi agar bisa menambah imunitas dan melindungi tubuh dari efek polusi udara tersebut? Berikut rangkuman yang disusun (Selasa, 19/9):

1. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, yaitu senyawa yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antikarsinogenik. Senyawa ini membuat brokoli bisa menangkal beberapa penyakit berbahaya, seperti mengurangi risiko kanker dan mencegah penyakit jantung. Kandungan tersebut juga dikatakan dapat menghilangkan benzena dari tubuh yang merupakan salah satu polutan udara tertinggi. 

Selain itu, brokoli juga mengandung beta karoten dan kaya vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C inilah sebagai salah satu antioksidan yang paling kuat. Dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup dapat melawan radikal bebas dan meingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kemudian, kandungan serat yang terdapat pada brokoli juga bisa membantu proses detoksifikasi, yaitu dapat mengeluarkan racun melalui saluran pencernaan. 

2. Tomat

Tomat kaya akan kandungan vitamin C yang dapat menjadi sumber antioksidan untuk tubuh. Ditambah, kandungan likopen dapat mengurangi risiko asma, meningkatkan fungsi paru-paru, dan mencegah masalah pernapasan lainnya. Adapun likopen merupakan salah satu senyawa yang dapat menjaga kesehatan sel di dalam paru-paru dan dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Selain itu, tomat juga memiliki kandungan beta karoten yang dapat memperlambat penuaan pada paru-paru. 

3. Bayam

Bayam merupakan salah satu sumber kandungan beta karoten yang tinggi. Kandungan ini akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh dan memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat mempertahankan kekebalan tubuh dalam melawan udara yang tercemar.

Bayam juga mengandung zeaxanthin, lutein, dan klorofil. Klorofil ini dapat berfungsi sebagai antioksidan yang bersifat antimutagenik. Serta tinggi akan magnesium, serat, dan mineral.

4. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan senyawa kurkumin yang bersifat anti-inflamasi. Senyawa ini dapat membantu untuk menangkal efek racun polutan yang masuk ke dalam paru-paru.

Kunyit juga dapat meredakan batuk dan iritasi pada paru-paru yang disebabkan oleh polusi udara. Biasanya ketika mengonsumsi kunyit, bisa mengolahnya dengan bahan untuk dijadikan minuman herbal.

5. Makanan yang mengandung Omega-3

Makanan yang mengandung omega-3 bisa mengurangi peradangan dan stres oksidatif dari polusi udara.

Untuk menemukan Omega 3 yang terkandung yaitu dengan mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti biji chia, dan biji rami atau flaxseeds, Anda bisa mempertahankan sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Anda juga dapat mencampurnya ke dalam salad, smoothie, atau yogurt sesuai dengan keinginan. 

Makanan lainnya yang bisa dikonsumsi karena mengandung omega-3 yang lebih tinggi, yaitu kacang kenari, telur, ikan, dan kedelai. 

6. Makanan yang mengandung vitamin C

Vitamin C memiliki antioksidan yang sangat potensial untuk meningkatkan imun tubuh karena dapat melawan radikal bebas atau stres oksidatif. Vitamin ini bisa ditemukan pada buah-buahan, seperti pada jambu biji, lemon, kiwi, jeruk, dan masih banyak lagi.

7. Makanan yang mengandung vitamin E

Karena dapat larut dalam lemak sehingga dengan mengosumsi lemak yang baik, maka Vitamin E dapat membantu dalam penyerapannya. Vitamin E di dalam makanan bisa diperoleh dari beberapa bahan makanan yakni diantaranya minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak nabati untuk memasak, biji bunga matahari.

Selain itu, terdapat juga dijenis kacang-kacangan yang bisa dicoba, kacang hazelnut, kacang tanah, dan kacang almond. Sedangkan pada buah-buahan dapat mengonsumsi alpukat, kiwi, pepaya, dan mangga.

Makanan tersebut dapat berperan sebagai antioksidan kuat yang melindungi sel tubuh dari paparan polusi agar tidak rentan terhadap infeksi dan penyakit. 

Itulah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh dari efek polusi.

Anda juga bisa mencoba bahan - bahan tersebut untuk dikreasikan dan diolah sesuka hati, tetapi tetap mempertahankan nutrisi dan kandungan gizi yang terkandung di dalamnya.

KEYWORD :

Kesehatan makanan sehat udara polusi tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :