Minggu, 12/05/2024 02:51 WIB

8 Cara Diet Praktis Tanpa Biaya Mahal

Diet sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh mencegah penyakit kronis.

Ilustrasi wanita ingin diet ( Foto : Tribbunews )

Jakarta , Jurnas.com -  Dalam dunia yang semakin sibuk dan penuh tekanan sekarang ini, menjalani gaya hidup yang sehat sekaligus untuk menjaga berat badan ideal saat ini menjadi tugas yang menantang.

Lalu bagaimana caranya ? Diet sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh hingga mencegah berbagai penyakit kronis.

Berikut langkah-langkah praktis untuk mencapai diet sehat yang dapat membantu mencapai kesehatan optimal.

1. Makan Seimbang

Pentingnya konsumsi makanan seimbang yakni seperti karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serat, dan vitamin serta mineral.

2. Ukuran Porsi yang Tepat

Kontrol porsi untuk membantu mengendalikan asupan kalori. Ingatlah untuk mengukur sejauh mana merasa kenyang, bukan sampai Anda merasa kenyang berlebihan.

3. Minum Air yang Cukup

Minumlah setidaknya delapan gelas air sehari. Air membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, membantu pencernaan, dan menghilangkan toksin dari tubuh.

4. Kurangi Gula dan Makanan Olahan

Kurangi konsumsi gula tambahan, dan hindari makanan olahan yang mengandung gula tinggi, seperti soda dan makanan cepat saji.

Pasalnya, gula tambahan dalam makanan dan minuman dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat

5. Pilih Lemak Sehat

Lemak jenuh dan trans jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Ini dapat ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun memiliki manfaat kesehatan.

6. Pertimbangkan Asupan Protein

Pilih sumber protein yang baik seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan tahu. Protein dapat membantu membangun otot, memperbaiki sel-sel tubuh, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

7. Batasi Konsumsi Garam

Hindari makanan yang mengandung garam berlebih dan untuk menggantinya dengan rempah-rempah dan bumbu alami.

Terlalu banyak garam dalam diet dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

8. Lakukan Olahraga Teratur

Lakukan olahraga teratur, seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau latihan fisik lainnya. Hal ini untuk membantu membakar kalori, meningkatkan kebugaran, dan meningkatkan kesehatan mental.

Ingatlah bahwa diet sehat adalah investasi dalam kesehatan Anda yang paling berharga, sehingga Anda dapat menikmati hidup dengan penuh energi dan kebahagiaan.

KEYWORD :

Diet tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :