Sabtu, 27/04/2024 17:59 WIB

Elektabilitas Ganjar 40,12 Persen, Prabowo 37,21 Persen, Anies 22,67 Persen

Lembaga riset internasional Ipsos Public Affairs merilis hasil survei elektabilitas tiga tokoh yang menjadi bakal calon presiden di Pilpres 2024.

Foto Klose, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. (Jurnas/Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Lembaga riset internasional Ipsos Public Affairs merilis hasil survei elektabilitas tiga tokoh yang menjadi bakal calon presiden di Pilpres 2024.

Elektabilitas ketiga tokoh yang disurvei, yakni mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hasilnya, Ganjar Pranowo berada diposisi pertama, unggul dari Praboowo dan Anies.

Data hasil survei memperlihatkan elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 40,12 persen. Sedangkan Prabowo Subianto sebesar 37,21 persen. Sementara Anies Baswedan sebesar 22,67 persen.

"Bulan lalu survei kita Ganjar kalah dari Prabowo, dan survei kali ini Ganjar Pranowo rebound. Untuk Anies terjadi penurunan, Ganjar terjadi lompatan signifikan, Prabowo naik namun tipis," kata peneliti senior Ipsos Public Affairs, Arif Nurul Imam dalam rilis survei yang disiarkan melalui YouTube channel Ipsos in Indonesia, Rabu (6/9).

Survei dilakukan pada 22-27 Agustus 2023 di 34 Provinsi di Indonesia. Responden survei sebanyak 1.200.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan aplikasi Ipsos Ifield yang merupakan system computer-asissted personal interviews (CAPI) yang merupakan standar global Ipsos dalam melakukan interview tatap muka.

Metode survei multistage random sampling. Margin of eror survei plus minus 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

KEYWORD :

Hasil Survei Internasional Ipsos Elektabilitas Capres Elektabilitas Ganjar Pranowo Elektabilitas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :