Sabtu, 11/05/2024 00:26 WIB

Mendagri Tito Sebut Pj Gubernur NTB Dilantik 19 September 2023

Dikatakan Tito, terdapat mekanisme panjang dalam menentukan Pj Gubernur untuk menindalanjuti roda pemerintahan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Dokumentasi Puspen Kemendagri)

Jakarta, Jurnas.com - Pelantikan Pejabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak dilakukan bersamaan dengan sembilan orang lainnya yang dilantik di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta pada hari ini Selasa (5/9).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan bahwa Pj Gubernur NTB Gita Ariadi baru akan dilantik pada 19 September 2023 mendatang. Sebab, masa jabatan Zulkieflimansyah akan purna tugas pada 19 September 2023.

"Nanti NTB dilantiknya setelah selesai masa jabatan, kalau nggak salah tanggal 19 September 2023, jadi akan nyusul sendirian. Jadi sekarang sembilan hari ini," kata Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (5/9).

Tito memastikan pemilihan PJ Gubernur tidak dilakukan sembarangan. Dijelaskan Tito, terdapat mekanisme panjang dalam menentukan Pj Gubernur untuk menindalanjuti roda pemerintahan.

"Syaratnya memang penjabat pimpinan tinggi madya, eselon satu struktural, kalau gubernur berarti Sekda di tingkat provinsi, kalau di tingkat pusat, itu adalah dari Dirjen, Sekjen, Deputi itu bisa masuk disitu, dan kemudian kita laksanakan dan kita kirim surat kepada Kementerian Lembaga untuk mengirimkan calon dan juga calon sekdanya di luar itu maksimal tiga nama," ujar Tito.

Pelantikan terhadap sembilan Pj Gubernur berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 73/P Tahun 2023 tentang Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan Tahun 2018 sampai 2023.

Kemudian juga Keppres Nomor 74/P Tahun 2023 tentang Pengesahan Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan tahun 2018 sampai 2023.

Mendagri Tito Karnavian memimpin sumpah jabatan yang diikuti oleh sembilan Pj Gubernur. Mereka yang dilantik sebagai Pj Gubernur menggantikan posisi Kepala Daerah yang habis masa jabatannya pada 5 September 2023.

Berikut daftar nama Pj gubernur yang dilantik hari ini:

1. Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin
2. Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana
3. Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin
4. Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya
5. Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun
6. Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake
7. Pj Gubernur Kalimantan Barat Harrison Azroi
8. Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto
9. Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin

KEYWORD :

Kemendagri Tito Karnavian Pj Gubernur NTB Pelantikan Pj Gubernur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :