Minggu, 05/05/2024 09:31 WIB

Kasus Campak dan Rubella pada Anak-anak Meningkat di Yaman

 Jumlah kasus dugaan campak dan rubella di Yaman mencapai 34,300, dengan 413 kematian pada Juli tahun ini.

Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) (Foto: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) prihatin dengan meningkatnya kasus campak dan rubella di kalangan anak-anak di Yaman setelah lebih dari 34.000 kasus penyakit tersebut dilaporkan.

Menurut WHO, jumlah kasus dugaan campak dan rubella di Yaman mencapai 34,300, dengan 413 kematian pada Juli tahun ini, peningkatan tajam dibandingkan dengan 27,000 kasus dan 220 kematian terkait pada tahun 2022.

"Kekhawatiran tambahan adalah fakta bahwa hanya ada sedikit informasi mengenai dampak wabah ini terhadap perempuan hamil, yang masih berisiko tinggi," tambah pernyataan WHO.

Peningkatan kasus campak dan rubella terjadi dalam konteks penurunan ekonomi dan rendahnya pendapatan, tingginya pengungsian dan kepadatan di kamp pengungsian. Dengan sistem kesehatan yang kewalahan dan tingkat imunisasi yang rendah, masih banyak anak yang tidak dapat dijangkau melalui intervensi imunisasi rutin.

Menurut Perkiraan Cakupan Imunisasi Nasional WHO-UNICEF untuk tahun 2022, 27 persen anak di bawah usia satu tahun di Yaman tidak menerima vaksinasi campak dan rubella dan belum mendapatkan vaksinasi minimal sekalipun untuk perlindungan penuh.

"Idealnya, kampanye vaksinasi tanggap wabah harus menargetkan setidaknya semua anak di bawah usia sepuluh tahun agar komprehensif dan efektif. Namun, kesenjangan pendanaan saat ini telah mengikis dukungan dan membatasi target pada anak-anak di bawah usia lima tahun – kelompok dengan tingkat kematian lebih tinggi,” kata Perwakilan WHO di Yaman, Arturo Pesigan.

WHO mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Masyarakat dan Kependudukan Yaman (MoPHP) dan mitra lainnya untuk meningkatkan dukungan terhadap intervensi vaksinasi rutin, dan menambahkan bahwa mereka juga akan terus bekerja dalam Kerangka Kesehatan Nasional untuk memberikan dukungan teknis dan keuangan guna meningkatkan cakupan vaksinasi di kalangan anak-anak.

Pada tahun 2022, WHO mendukung perlindungan sekitar 913.000 anak dari campak dan rubella, menurut pernyataan tersebut.

Pada bulan Juli 2023, MoPHP, dengan dukungan WHO dan mitra lainnya, mencapai tingkat cakupan sekitar 65 persen dari seluruh anak – untuk dosis keduanya, campak dan rubella (MR1 dan MR2).

Kampanye vaksinasi campak-rubella, yang menargetkan 1,2 juta anak di bawah usia lima tahun, akan dilaksanakan bulan ini.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Organisasi Kesehatan Dunia Anak-anak Yaman Kasus Campak dan Rubella




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :