Minggu, 05/05/2024 19:40 WIB

WHO Sebut Sirop Obat Batuk Beracun Masih Mengancam

WHO mengatakan bahwa pihaknya sekarang bekerja dengan enam negara lebih banyak dari yang terungkap sebelumnya untuk melacak obat-obatan anak-anak yang berpotensi mematikan itu.

Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) (Foto: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, masih terdapat ancaman global yang sedang berlangsung yang ditimbulkan oleh sirop obat batuk beracun.

WHO mengatakan bahwa pihaknya sekarang bekerja dengan enam negara lebih banyak dari yang terungkap sebelumnya untuk melacak obat-obatan anak-anak yang berpotensi mematikan itu.

Badan PBB telah menyebutkan sembilan negara di mana sirop tercemar mungkin telah dijual, setelah kematian lebih dari 300 bayi di tiga benua tahun lalu terkait dengan obat tersebut.

Rutendo Kuwana, ketua tim WHO untuk kasus obat-obatan di bawah standar dan palsu, menolak menyebutkan enam negara baru yang bekerja sama dengan badan tersebut, sementara penyelidikan masih berlangsung.

Dia memperingatkan bahwa obat-obatan yang terkontaminasi masih dapat ditemukan selama beberapa tahun, karena tong yang tercemar dari bahan penting mungkin tertinggal di gudang. Sirop obat batuk dan bahannya, propilen glikol, keduanya memiliki umur simpan sekitar dua tahun.

"Ini adalah risiko yang berkelanjutan," kata Kuwana.

Pelaku yang tidak bermoral terkadang mengganti propilen glikol dengan alternatif beracun, etilen glikol dan dietilen glikol, karena harganya lebih murah, kata beberapa pakar manufaktur farmasi kepada Reuters.

Alternatifnya lebih umum digunakan dalam minyak rem dan produk lain yang tidak dimaksudkan untuk konsumsi manusia.

Teori kerja WHO adalah bahwa pada tahun 2021, ketika harga propilen glikol melonjak, satu atau lebih pemasok mencampurkan cairan beracun yang lebih murah dengan bahan kimia yang sah, kata Kuwana. Dia tidak mengatakan di mana pemasok itu berada, dan menambahkan bahwa rantai pasokan yang tidak jelas telah mempersulit pembuktian ini.

Produsen farmasi, termasuk yang diduga memproduksi sirup tercemar yang telah ditemukan sejauh ini, biasanya mengambil bahan baku dari pemasok eksternal.

Awal pekan ini, regulator Nigeria mengeluarkan peringatan tentang sirop parasetamol yang terkontaminasi yang dijual di Liberia, meskipun tidak ada laporan kematian di sana. Regulator Nigeria sedang menguji sirup, yang tidak dijual di Nigeria, karena Liberia tidak memiliki fasilitas pengujian.

WHO mengeluarkan peringatan keselamatan tahun lalu untuk produk buatan India yang ditemukan di Gambia dan Uzbekistan, dan tahun ini di Mikronesia dan Kepulauan Marshall.

WHO juga mengeluarkan peringatan tahun lalu untuk sirup buatan Indonesia yang hanya dijual di dalam negeri. Pihak berwenang Indonesia mengatakan lebih dari 200 anak kemungkinan besar diracuni oleh ini.

Tiga produsen yang berbasis di Indonesia, PT Yarindo Farmatama, PT Universal Pharmaceutical Industries, PT AFI Farma telah dicabut izinnya. Yang keempat, PT Konimex, mengatakan telah menarik kembali semua produk yang relevan dan situs webnya mengatakan telah diizinkan oleh regulator Indonesia untuk menjual batch baru per Desember 2022.

Pada bulan Januari, WHO menyebutkan empat negara lain yang bekerja sama dengan pihaknya, Timor Leste, Kamboja, Senegal, dan Filipina untuk melacak apakah ada sirop tercemar yang telah mencapai pasar mereka.

Tidak ada risiko saat ini terhadap populasi di negara-negara yang disebut WHO, kata Kuwana, baik karena obat-obatan yang terkontaminasi telah ditarik dari rak atau karena mereka tidak pernah mencapai pasar sejak awal.

Pemerintah negara tersebut mengkonfirmasi hal ini, mengatakan hanya ada risiko minimal, atau tidak menanggapi permintaan komentar.

WHO mengatakan pihaknya juga telah menawarkan bantuan ke Liberia dan Kamerun, yang baru-baru ini mengisyaratkan bahwa mereka juga mungkin telah mengkontaminasi sirup obat batuk untuk dijual.

Regulator kesehatan Kamerun mengatakan pada April pihaknya sedang menyelidiki kematian enam anak yang terkait dengan sirup obat batuk bermerek Naturcold. Pabrikan yang disebutkan di paket itu adalah Fraken Group China, yang tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Namun pihak berwenang Kamerun mengatakan dalam peringatan bahwa obat itu dibeli dari sumber yang tidak sah dan kemungkinan diselundupkan. Mereka tidak menanggapi permintaan informasi lebih lanjut.

Pabrikan lain yang diidentifikasi dalam serentetan insiden saat ini sebagian besar berbasis di India. Dua perusahaan yang produknya dikaitkan dengan kematian telah ditutup oleh pihak berwenang di sana: Maiden Pharmaceuticals, yang menjual sirup ke Gambia, dan Marion Biotech, yang sirupnya dikirim ke Uzbekistan.

Naresh Kumar Goyal, pendiri Maiden Pharmaceuticals, mengatakan kepada Reuters pada Desember bahwa perusahaannya tidak melakukan kesalahan dalam produksi sirup obat batuk. Marion Biotech belum menanggapi permintaan komentar.

Selain kasus-kasus ini, obat-obatan buatan India yang dipasok ke Kepulauan Marshall dan Mikronesia telah ditarik kembali setelah tes laboratorium Australia menunjukkan kontaminasi memicu peringatan keamanan WHO. Pabrikan, QP Pharmachem, mengatakan kepada Reuters awal tahun ini bahwa pengujiannya sendiri tidak menemukan masalah.

Sirop yang terkontaminasi di Liberia dibuat oleh Synercare Mumbai India, menurut regulator Nigeria. Regulator kesehatan Liberia mengatakan berencana untuk membakar stok dan akan menarik dua produk Synercare lainnya juga, sebagai tindakan pencegahan.

Synercare tidak menanggapi permintaan komentar.

Sejak tahun 2001, WHO telah merekomendasikan untuk tidak memberikan sirup obat batuk kepada anak-anak berusia di bawah lima tahun, karena dikatakan hanya ada sedikit bukti tentang seberapa efektif obat tersebut, atau efek samping apa yang mungkin ditimbulkannya.

Setidaknya ada lima insiden dalam setengah abad terakhir ketika parasetamol dan obat batuk terkontaminasi bahan kimia mematikan, di negara-negara termasuk India dan Panama, meskipun serentetan kematian tahun lalu adalah yang paling mematikan dalam catatan.

WHO juga mendesak semua negara untuk meningkatkan pengawasan dan menawarkan dukungan kepada negara-negara yang bersangkutan yang tidak memiliki sumber daya untuk menguji obat mereka sendiri.

Belum berakhir pasti, kata Kuwana. "Tapi kita tidak perlu panik, karena banyak negara sekarang proaktif."

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Organisasi Kesehatan Dunia Sirop Obat Batuk Beracun




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :