Minggu, 12/05/2024 19:19 WIB

WHO Prediksi Kasus MERS akan Meningkat di Timur Tengah

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan lebih banyak kasus Sindrom Pernafasan Timur Tengah Coronavirus (MERS-CoV).

Partikel dari virus korona sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS) yang muncul pada tahun 2012 terlihat dalam mikrograf elektron transmisi berwarna yang tidak bertanggal dari Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular (NIAID). (Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan lebih banyak kasus Sindrom Pernafasan Timur Tengah Coronavirus (MERS-CoV) yang berpotensi fatal akan terdeteksi di wilayah tersebut setelah seorang pasien di Abu Dhabi dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut awal bulan ini.

Sudah 19 bulan sejak kasus terakhir MERS yang diketahui, infeksi pernapasan virus yang disebabkan oleh virus corona yang disebut MERS-CoV – dilaporkan di Uni Emirat Arab (UEA).

WHO telah memperingatkan bahwa kasus lebih lanjut kemungkinan akan dilaporkan di wilayah tersebut. Badan kesehatan global tersebut juga mengatakan telah memantau situasi epidemiologis terkait MERS-CoV dan melakukan penilaian risiko berdasarkan informasi terkini.

WHO mengatakan UEA telah memberi tahu badan kesehatan itu pada 10 Juli bahwa seorang pria berusia 28 tahun, seorang ekspatriat, dinyatakan positif di Abu Dhabi.

Penduduk Al Ain dirawat di rumah sakit pada 8 Juni, kata WHO. Dia telah mengunjungi pusat medis swasta beberapa kali antara 3 Juni dan 7 Juni, mengeluhkan muntah, nyeri pinggang kanan, dan disuria (nyeri saat buang air kecil).

Pada tanggal 8 Juni, pasien dirujuk ke rumah sakit pemerintah dengan keluhan muntah dan gejala gastrointestinal, termasuk diare. Dia awalnya didiagnosis dengan pankreatitis akut, cedera ginjal akut, dan sepsis.

Pada 13 Juni, dia dalam kondisi kritis dan dirujuk ke unit perawatan intensif (ICU) di rumah sakit khusus pemerintah tersier, di mana dia dipasang ventilasi mekanis. Karena kondisinya semakin memburuk, swab nasofaring dikumpulkan pada 21 Juni dan dilakukan tes RT-PCR, yang memberikan hasil positif MERS-CoV pada 23 Juni.

Semua 108 kontak yang teridentifikasi dipantau selama 14 hari sejak tanggal terakhir paparan pasien MERS-CoV, tetapi tidak ada kasus infeksi sekunder yang teridentifikasi. Tidak ada anggota keluarga atau kontak rumah tangga dari orang yang terinfeksi telah diidentifikasi di UEA.

Sebagai tindakan pencegahan umum, WHO mengatakan siapa pun yang mengunjungi peternakan, pasar, lumbung atau tempat lain di mana terdapat dromedari harus mempraktikkan langkah-langkah kebersihan yang tersedia, termasuk mencuci tangan secara teratur setelah menyentuh hewan, menghindari menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan, dan menghindari kontak dengan hewan yang sakit.

Orang juga dapat mempertimbangkan untuk mengenakan gaun pelindung dan sarung tangan saat menangani hewan secara profesional.

Kasus MERS-CoV pertama yang dikonfirmasi laboratorium di UEA terjadi pada Juli 2013. Sejak itu, UEA telah melaporkan 94 kasus MERS-CoV (termasuk kasus saat ini) dan 12 kematian terkait, dengan CFR (Case Fatality Ratio) sebesar 13 persen.

"WHO memperkirakan kasus tambahan infeksi MERS-CoV akan dilaporkan dari Timur Tengah dan/atau negara lain di mana MERS-CoV beredar di dromedari," katanya. "WHO menekankan kembali pentingnya pengawasan yang ketat oleh semua negara anggota untuk infeksi saluran pernapasan akut, termasuk MERS-CoV, dan meninjau pola yang tidak biasa dengan hati-hati."

Dikatakan kasus akan terus diekspor ke negara lain oleh individu yang terpapar virus melalui kontak dengan dromedari atau produk mereka (misalnya, konsumsi susu unta mentah) atau dalam pengaturan perawatan kesehatan.

WHO mengatakan sangat tertarik dengan kasus MERS terakhir yang dilaporkan, mengingat individu tersebut tidak memiliki kontak dengan unta.

"Mengingat bahwa kasus terbaru ini menunjukkan [gejala] penyakit parah, tetapi tidak memiliki komorbiditas dan tidak ada riwayat paparan unta, produk unta mentah atau kasus MERS-CoV pada manusia, penting untuk mengurutkan virus dan melakukan analisis genomik untuk menyaring pola yang tidak biasa," kata badan kesehatan lebih lanjut dalam sebuah pernyataan.

"Proses analisis genom telah dimulai. Ini akan mengidentifikasi setiap evolusi genetik dari virus dan mendukung upaya penilaian risiko global WHO," tambahnya.

Pada tahun 2012, bertahun-tahun sebelum kasus COVID-19 pertama yang tercatat, MERS – penyakit dari keluarga virus yang sama dengan COVID-19 atau SARS – pertama kali tercatat di Arab Saudi dan menyebabkan ratusan kematian di seluruh dunia Arab.

Namun, jumlah kasus MERS telah menyusut dengan cepat sejak awal pandemi COVID-19, kata WHO awal tahun ini.

Langkah-langkah termasuk memakai masker, mengikuti kebersihan tangan, menjaga jarak sosial, meningkatkan ventilasi dalam ruangan, perintah tinggal di rumah dan metode penahanan lainnya yang digunakan selama pandemi "juga cenderung mengurangi peluang penularan MERS dari manusia ke manusia", kata WHO saat itu.

Manusia terinfeksi MERS dari kontak langsung atau tidak langsung dengan unta dromedaris, inang alami dan sumber zoonosis infeksi MERS.

Infeksi MERS-CoV berkisar dari gejala pernapasan asimtomatik atau ringan hingga penyakit pernapasan akut parah dan kematian. Presentasi khas seseorang dengan penyakit MERS adalah demam, batuk dan sesak napas.

Pneumonia adalah temuan umum, tetapi tidak selalu ada. Gejala gastrointestinal, termasuk diare, juga telah dilaporkan.

Virus ini tampaknya menyebabkan penyakit yang lebih parah pada orang lanjut usia, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan orang dengan penyakit kronis seperti penyakit ginjal, kanker, penyakit paru kronis, dan diabetes. Penyakit parah dapat menyebabkan gagal napas yang memerlukan ventilasi mekanis dan dukungan di ICU, yang mengakibatkan tingkat kematian yang tinggi.

WHO mengatakan sekitar 35 persen pasien MERS telah meninggal, tetapi ini mungkin perkiraan yang terlalu tinggi dari angka kematian yang sebenarnya, karena sistem pengawasan yang ada mungkin melewatkan kasus MERS ringan.

Tidak ada vaksin atau pengobatan khusus yang tersedia saat ini, meskipun WHO mengatakan beberapa vaksin dan pengobatan khusus MERS sedang dikembangkan.

Secara global, jumlah total kasus MERS yang dikonfirmasi laboratorium yang dilaporkan ke WHO sejak 2012 adalah 2.605, termasuk 936 kematian terkait per Juli 2023.

Mayoritas kasus yang dilaporkan terjadi di negara-negara di dunia Arab.

Di luar wilayah tersebut, telah terjadi satu wabah besar di Republik Korea, pada bulan Mei 2015, dimana 186 kasus yang dikonfirmasi laboratorium (185 di Republik Korea dan satu di China) dan 38 kematian dilaporkan.

Angka global mencerminkan jumlah total kasus dan kematian yang dikonfirmasi laboratorium yang dilaporkan ke WHO berdasarkan IHR (2005) hingga saat ini.

Mengkonsumsi produk hewani mentah atau setengah matang, termasuk susu, daging, darah, dan urin, berisiko tinggi terhadap infeksi dari berbagai organisme yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Produk hewani yang diproses dengan tepat melalui pemasakan atau pasteurisasi yang tepat aman untuk dikonsumsi tetapi juga harus ditangani dengan hati-hati untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan yang tidak dimasak.

Penularan MERS dari manusia ke manusia di tempat layanan kesehatan telah dikaitkan dengan keterlambatan dalam mengenali gejala awal infeksi MERS-CoV, triase lambat dari kasus yang dicurigai dan keterlambatan dalam menerapkan langkah-langkah infeksi, pencegahan dan pengendalian (PPI).

WHO mengatakan langkah-langkah pencegahan yang kuat sangat penting untuk menghentikan kemungkinan penyebaran MERS di antara orang-orang di fasilitas layanan kesehatan.

"Fasilitas perawatan kesehatan harus memastikan kontrol lingkungan dan teknik tersedia, termasuk ventilasi yang memadai, pemisahan spasial setidaknya satu meter antara pasien dan orang lain, termasuk petugas kesehatan dan perawatan, dan pembersihan lingkungan yang memadai," katanya.

"Petugas layanan kesehatan harus secara konsisten menerapkan tindakan pencegahan standar untuk semua pasien di setiap interaksi dalam pengaturan layanan kesehatan. Identifikasi dini, manajemen kasus dan isolasi kasus, karantina kontak, tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi yang tepat dalam pengaturan layanan kesehatan dan kesadaran kesehatan masyarakat semuanya dapat memainkan peran penting dalam mencegah penularan MERS dari manusia ke manusia," kata WHO lebih lanjut.

Sumber: Al Arabiya

 

KEYWORD :

Organisasi Kesehatan Dunia MERS-CoV Timur Tengah Arab Saudi Uni Emirat Arab




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :