Rabu, 15/05/2024 11:27 WIB

Ukraina Terancam Kehilangan Segalanya

Ukraina bisa kehilangan semua wilayahnya jika memilih untuk melanjutkan pertempuran.

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengunjungi Museum of Naval Glory di Kronstadt dekat Saint Petersburg, Rusia pada 23 Juli 2023 (Pool: Alexander Demyanchuk/ Sputnik via Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko memperingatkan bahwa Ukraina bisa kehilangan semua wilayahnya jika memilih untuk melanjutkan pertempuran.

Menjelang akhir wawancara YouTube selama dua jam di Minsk, jurnalis Ukraina, Diana Panchenko bertanya kepada Lukashenko apa yang harus dilakukan Ukraina untuk mempertahankan kenegaraannya.

"Langkah pertama adalah mengakhiri perang," jawab Lukashenko. "Ya, Anda dapat terus memperjuangkan wilayah ini," katanya sambil menunjuk ke Donbass, Kherson, dan Zaporozhye di peta.

"Aku tidak memberitahumu untuk menyerah atau apa pun. Tapi pilih metode lain. Jika Anda berjuang untuk wilayah ini, Anda akan kehilangan itu," tambah dia sambil menunjuk ke wilayah yang lebih jauh ke barat.

Pemerintah Ukraina bersikeras memulihkan perbatasan tahun 1991, yang meliputi Donetsk, Lugansk, Kherson, dan Zaporozhye, yang memilih untuk bergabung dengan Rusia pada September 2022, dan Krimea, yang melakukannya pada tahun 2014, sebagai tanggapan atas kudeta yang didukung Amerika Serikat (AS) di Kiev.

Menunjuk ke peta, Lukashenko menjelaskan, Rusia dapat mengalahkan militer Ukraina di garis depan, kemudian bergerak memotong Kiev dari laut dengan merebut Odessa.

Sementara Polandia akan menggosok tangannya dengan gembira dan dengan dukungan AS pindah ke wilayah tersebut. "Ukraina seperti yang kita tahu akan lenyap," tambah dia.

Tujuan utama Rusia di Ukraina telah tercapai, kata Lukashenko sebelumnya dalam wawancara, menjelaskan bahwa Moskow tidak dapat menerima rezim yang agresif dan bermusuhan di depan pintunya.

Lebih lanjut, Lukashenko menyarankan warga Ukraina untuk mencari tahu identias dan lokasi mereka sebelum memikirkan ke mana mereka akan pergi selanjutnya.

Namun, lanjut dia, tidak ada yang bisa memikirkan masa depan ketika orang-orang membeli dan menjual tiket wajib militer dan siapa pun dapat direnggut dari jalan dan dikirim ke garis depan kapan saja.

"Yang perlu Anda lakukan adalah memulihkan ketertiban, berdasarkan prinsip-prinsip normal yang dikenal di seluruh dunia, keadilan dan seterusnya, dan membangun kehidupan dari itu," kata Lukashenko.

Dia menambahkan bahwa Ukraina membutuhkan tentara yang tepat yang tidak akan berperang untuk beberapa oligarki atau satu atau dua individu, tetapi melindungin rakyatnya.

Kemudian bangsa dapat mulai berpikir tentang bagaimana membangun kembali ekonomi dan membuat penduduknya diberi makan dan ditampung.

Dia menjelaskan apa yang harus dilakukan Belarus mulai tahun 1991 ketika Uni Soviet runtuh dan Minsk berada di bawah tekanan luar biasa untuk memprivatisasi segalanya dan beralih ke ekonomi gaya Barat. Ukraina melakukannya dan para oligarki mengambil semuanya, katanya kepada Panchenko, sementara Belarusia memilih secara berbeda.

"Ukraina bisa melakukan ini. Ini adalah negara yang sangat kaya, jauh lebih kaya dalam sumber daya alam dan iklim daripada Belarusia," kata Lukashenko, mencatat pada satu titik bahwa "Anda dapat meludah dan pohon pisang tumbuh."

"Ada banyak yang harus dilakukan. Sudah waktunya untuk memulai, " kata dia. "Tapi Anda harus mengambil langkah pertama. Langkah pertama adalah mengakhiri perang."

Sumber: RT

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Belarusia Alexander Lukashenko




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :