Rabu, 15/05/2024 13:21 WIB

NATO akan Dukung Ukraina hingga Menang

Prioritas NATO adalah untuk mendukung Ukraina secara militer.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg berjabat tangan saat mereka bertemu, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di Kyiv, Ukraina, 20 April 2023. (File foto: Layanan Pers Kepresidenan Ukraina/Handout via REUTERS)

JAKARTA, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (Sekjen NATO), Jens Stoltenberg mengatakan, pihaknya akan terus mempersenjatai Ukraina hingga Kiev memutuskan waktu yang tepat melakukan negosiasi dengan Rusia.

Berbicara kepada media Norwegia, dia mengatakan, prioritas NATO adalah untuk mendukung Ukraina secara militer. "Jika Anda menginginkan perdamaian yang abadi dan adil, maka dukungan militer untuk Ukraina adalah cara untuk mencapainya. Tidak ada keraguan tentang itu," kata dia.

"Ukraina, dan hanya Ukraina, yang dapat memutuskan kapan prasyarat untuk negosiasi tersedia. Dan siapa yang bisa memutuskan, di sekitar meja perundingan, apa solusi yang bisa diterima. Tugas kita adalah mendukung mereka," sambung dia.

Kepala NATO telah lama bersikeras bahwa Ukraina akan berperang hingga mengalahkan Rusia atau memilih untuk mencari perdamaian. Penegasan dukungan terbarunya datang setelah Kepala Staf NATO, Stian Jenssen meragukan komitmen blok tersebut untuk tujuan Kiev.

Berbicara pada Selasa, Jenssen mengatakan pada sebuah konferensi bahwa solusi untuk konflik tersebut "bisa jadi Ukraina menyerahkan wilayahnya, dan mendapatkan keanggotaan NATO sebagai imbalannya."

Jenssen mengklaim bahwa ide tersebut sedang dibahas secara aktif di dalam NATO.

Pernyataan tersebut menuai kecaman di Kiev, di mana Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah melarang negosiasi dengan Kremlin selama pemimpin Rusia, Vladimir Putin tetap berkuasa, dan telah berjanji merebut kembali semua bekas wilayah Ukraina, termasuk Krimea.

NATO mengeluarkan pernyataan dalam beberapa jam kemudian bersikeras bahwa kebijakan Ukraina tidak berubah, sementara Jenssen meminta maaf dan mengatakan bahwa pernyataannya tersebut salah.

Dia juga memuji "upaya heroik" Ukraina melawan Rusia dan - bertentangan dengan apa yang dia katakan hanya sehari sebelumnya - mengklaim bahwa pejabat NATO sedang mendiskusikan "berapa banyak wilayah yang dapat diambil kembali oleh Ukraina."

Militer Ukraina telah melakukan serangan balasan terhadap pasukan Rusia sejak awal Juni, dengan operasi yang ditujukan untuk mendorong ke selatan melalui garis pertahanan Rusia, mencapai Laut Azov, dan memutus akses Rusia ke Krimea.

Operasi tersebut sejauh ini gagal mencapai tujuan tersebut, dengan angka terbaru Rusia mengklaim bahwa Kiev telah kehilangan lebih dari 43.000 tentara sejak Juni, sementara berhasil merebut hanya segelintir dusun dan desa di dekat garis Rusia.

Namun, belum ada tanda-tanda bahwa Kiev akan mengupayakan perdamaian dalam waktu dekat.

Terlepas dari laporan kerugian yang mengejutkan di medan perang, perdebatan di dalam kabinet Zelenskyy terfokus pada apakah akan menuangkan lebih banyak orang ke dalam serangan balasan yang gagal, atau untuk menggali dan mencoba serangan baru musim semi mendatang.

Sumber: RT

KEYWORD :

Sekjen NATO Jens Stoltenberg Perang Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :



PILIHAN REDAKSI :