Selasa, 07/05/2024 10:07 WIB

Penjelasan Lengkap tentang Covid-19 Subvarian Eris

Penjelasan Lengkap tentang Covid-19 Subvarian Eris

Seorang perawat menyiapkan suntikan vaksin penyakit coronavirus (COVID-19) Pfizer-BioNTech di pusat vaksinasi di Forum Humboldt di Berlin, Jerman 19 Januari 2022. (Foto file: Reuters)

New York, Jurnas.com - Kasus Covid-19 kembali meningkat di Amerika Serikat (AS), Eropa, dan Asia, menyusul merebaknya Covid-19 subvarian EG.5 (Eris), turunan dari Omicron yang muncul November 2021 lalu.

Dikutip dari Reuters pada Selasa (15/8), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikan Eris sebagai subvarian yang patut diawasi lebih ketat daripada subvarian lainnya, karena mutasinya bisa lebih menular atau lebih parah.

"WHO mengatakan saat ini tampaknya tidak lebih mengancam kesehatan masyarakat daripada varian lain dan bahwa tidak ada bukti peningkatan keparahan penyakit yang terkait langsung dengan EG.5," demikian keterangan Reuters.

Per 8 Agustus 2023, WHO mengidentifikasi varian Eris di lebih dari 50 negara. Karena itu, Eris menjadi subvarian Covid-19 paling cepat berkembang di AS, dan bertanggung jawab atas sekitar 17 persen kasus saat ini.

Menyikapi subvarian ini, Pfiezer/BiNTech, Moderna, dan Novavax telah menciptakan vaksin versi baru untuk menargetkan sublineage Omicron lainnya, XBB.1.5, yang dianggap lebih menyerupai berbagai strain virus yang terus bermutasi.

EG.5 mirip dengan XBB.1.5 meskipun subvarian yang lebih baru membawa satu mutasi pada protein lonjakannya, bagian dari virus yang ditargetkan oleh vaksin.

XBB.1.5 muncul pada akhir 2022 dan masih bertanggung jawab atas lebih dari 10 persen infeksi per 5 Agustus, menurut perkiraan Pusat Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Direktur CDC Dr. Mandy Cohen baru-baru ini mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia menargetkan vaksin baru tersedia secara luas di AS pada minggu ketiga atau keempat pada September mendatang.

KEYWORD :

Virus Covid-19 Subvarian Eris Penyakit Menular




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :