Minggu, 19/05/2024 14:58 WIB

Genjot Perekonomian, Mendag Minta IMA Tingkatkan Sinergitas

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta Indonesia Marketing Association (IMA) meningkatkan sinergi lintas stakeholder, guna mendongkrak perekonomian nasional.

Rakernas IMA di Yogyakarta (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta Indonesia Marketing Association (IMA) meningkatkan sinergi lintas stakeholder, guna mendongkrak perekonomian nasional.

Hal ini disampaikan dalam acara puncak Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IMA di Yogyakarta pada 4 Mei 2024 lalu. Kegiatan ini diikuti 103 chapter seluruh Indonesia dengan lebih dari 350 peserta.

"Di tengah ekonomi yang melambat dan geopolitik yang belum stabil, sinergi dan kolaborasi menjadi sangat penting dan menjadi kata kunci," kata Zulkifli dalam sambutannya.

Zulkifli menambahkan bahwa marketing tidak hanya sekadar beriklan, namun juga meningkatkan kreativitas, serta membuat terobosan baru dalam memasarkan de tau produk untuk memenangkan persaingan global.

President IMA, Suparno Djasmin mengatakan bahwa IMA memiliki peran strategis dalam memajukan perekonomian Tanah Air. Karena itu, diperlukan inklusivitas dengan mendorong kolaborasi dan sinergi dalam empat pilar anggota IMA, yakni pemerintah, akademisi, profesional, dan pengusaha, guna menciptakan strategi pemasaran yang efektif.

"Kita akan dorong terus sinergi dan kolaborasi ke empat pilar ini agar dapat tercipta hasil yang optimal," ujar Suparno.

Menurut Suparno, adanya sinyal pelemahan ekonomi pada kuartal pertama 2024 diserta tekanan pada nilai rupiah, inflasi komoditas hingga menyentuh 10 persen, koreksi pada prediksi penjualan otomotif, dan kenaikan suku bunga, menjadi tantangan yang perlu diwaspadai.

"Kondisi ketidakpastian global dan kondisi Indonesia yang terkontraksi ini, mengingatkan kita untuk tetap waspada dan tetap bersemangat untuk meningkatkan kontribusi IMA agar bisa membantu masyarakat menghadapi era ketidakpastian ini dengan baik, dengan mengutamakan kolaborasi dan sinergi antara empat pilar dalam IMA dan antara IMA pusat dan chapter," tambah dia.

Sementara itu, Gubernur D.I Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X mengapresiasi upaya IMA meningkatkan kompetensi dan membangun kolaborasi pemasar dan UMKM. Harapannya, upaya tersebut dapat meningkatkan perekonomian asyarakat.

"Kolaborasi yang dilakukan IMA telah bagus dan akan lebih bagus bila terus ditingkatkan, seperti yang kami lakukan di Yogyakarta yang memiliki jiwa gotong-royong," kata dia.

KEYWORD :

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Sinergi Stakeholder




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :