Rabu, 15/05/2024 12:26 WIB

Dalam Kurun Waktu Enam Bulan, 800 Migran Tenggelam di Tunisia

Sebanyak 789 jenazah migran ditemukan dari laut, termasuk 102 warga Tunisia.

Ilustrasi orang hanyut

JAKARTA, Jurnas.com - Hampir 800 migran gelap tenggelam di lepas pantai Tunisia pada paruh pertama tahun ini saat mereka mencoba mencapai Eropa dengan perahu.

"789 jenazah migran ditemukan dari laut, termasuk 102 warga Tunisia, yang lainnya orang asing dan orang tak dikenal," kata Juru Bicara Garda Nasional Houcem Eddine Jebabli kepada AFP, Kamis (27/7).

Dia menambahkan bahwa lebih dari 34.000 telah diselamatkan.

Negara Afrika Utara itu telah menjadi pintu gerbang utama bagi para migran gelap dan pencari suaka yang mencoba pelayaran laut yang berbahaya dengan perahu yang sering reyot dengan harapan mendapatkan kehidupan yang lebih baik di Eropa.

Jarak antara Tunisia, dekat kota keduanya Sfax, dan pulau Lampedusa di Italia adalah sekitar 130 km, dan pelayaran laut dimulai pada bulan-bulan musim panas.

Antara 1 Januari dan 20 Juni, total 34.290 migran dicegat dan diselamatkan, naik tajam dari 9.217 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, kata Jebabli. "Lebih dari 30.000 orang yang diselamatkan tahun ini adalah orang asing, kebanyakan dari sub-Sahara Afrika," katanya.

Unit penjaga pantai melakukan 1.310 operasi dalam enam bulan pertama, lebih dari dua kali lipat jumlah misi untuk periode tahun lalu.

Pemerintah Italia mengatakan bahwa lebih dari 80.000 orang telah menyeberangi Laut Mediterania untuk tiba di pantainya sepanjang tahun ini, sebagian besar dari Tunisia dan Libya yang dilanda perang.

Mediterania tengah telah menjadi rute migrasi paling mematikan di dunia, merenggut lebih dari 20.000 nyawa sejak 2014, menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi.

Karena Tunisia telah menjadi pusat yang berkembang di jalur migran, ketegangan dan kekerasan rasial telah berkobar di negara berpenduduk 12 juta jiwa yang sedang berjuang dengan krisis ekonomi yang parah.

Inflasi tinggi dan meningkatnya pengangguran membuat banyak warga Tunisia mencoba meninggalkan negara mereka.

Serangan xenophobia telah berulang kali menargetkan migran dan pelajar kulit hitam Afrika, yang dipicu oleh retorika yang menghasut dari Presiden Kais Saied yang otokratis.

Saied - yang memerintah berdasarkan keputusan sejak perebutan kekuasaan dua tahun lalu - menuduh bahwa "gerombolan" migran sub-Sahara menyebabkan kejahatan dan menimbulkan ancaman demografis bagi negara yang sebagian besar Arab itu.

Awal bulan ini, ketika Sfax diguncang oleh kekerasan rasial, pihak berwenang memuat banyak migran ke dalam bus dan membiarkan mereka terdampar di daerah gurun terpencil dekat Aljazair dan Libya di musim panas yang menyengat.

Human Rights Watch mengatakan hingga 1.200 orang kulit hitam Afrika "diusir atau dipindahkan secara paksa oleh pasukan keamanan Tunisia" ke daerah perbatasan dengan Libya dan Aljazair bulan ini.

Bulan Sabit Merah Tunisia, dan penjaga perbatasan Libya, telah melaporkan membantu para migran yang pergi tanpa air dan makanan dalam cuaca panas yang mencapai 40 derajat Celcius.

Saied memecat pemerintah Tunisia dan membekukan parlemen dalam langkah dramatis Juli 2021 melawan satu-satunya demokrasi yang muncul dari pemberontakan Musim Semi Arab.

Uni Eropa baru-baru ini melakukan pembicaraan dengan pemerintahnya, menawarkan Tunisia paket pendanaan besar untuk membantunya menghidupkan kembali ekonominya yang lesu dan dilanda utang, dan mengamankan perbatasannya dengan lebih baik.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Migran Gelap Tenggelam Lepas Pantai Tunisia Tunisia




JURNAS VIDEO :



PILIHAN REDAKSI :