Rabu, 15/05/2024 22:56 WIB

Ahmad Sahroni Dukung Kerjasama Menpora-KPK Cegah Korupsi

Menpora Dito Ariotedjo berkomitmen menciptakan tata kelola pemerintahan dengan akuntabilitas tinggi dan transparan di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni

Jakarta, Jurnas.com - Menpora Dito Ariotedjo berkomitmen menciptakan tata kelola pemerintahan dengan akuntabilitas tinggi dan transparan di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Untuk mencapai tujuannya, Kemenpora menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengawasi anggaran Kemenpora lewat aplikasi yang mereka kembangkan bersama.

Menyikapi komitmen kerjasama Menpora dan KPK, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengapresiasi dan mendukung penuh. Politikus NasDem ini menilai, inovasi kerja sama seperti ini sangat dibutuhkan demi memaksimalkan fungsi pengawasan dan pencegahan di tubuh kementerian.

“Inisiatif seperti inilah yang kami di Komisi III tunggu-tunggu. Di mana kementerian maupun lembaga berkolaborasi dengan memanfaatkan teknologi bersama KPK demi mewujudkan transparansi. Jadi semangatnya sangat kita hargai. Ini kerjasama konkret dan bukan formalitas belaka,” kata Sahroni, kepada wartawan, Jakarta, Selasa (26/7).

Lebih lanjut, Sahroni berharap KPK dapat terus terlibat lebih banyak dalam fungsi pengawasan dan pencegahan di berbagai lembaga lainnya. Karena menurut Sahroni, langkah terbaik memberantas korupsi adalah dengan menciptakan sistem yang ketat dan matang, salah satunya dengan adaptasi teknologi.

“Fungsi KPK itu kan bukan hanya penindakan saja, tapi ada juga pendidikan, pencegahan, dan pengawasan. Saya kira akan bagus kalau KPK bisa terus digandeng dalam mewujudkan sistem pencegahan berbasis teknologi ke lembaga-lembaga negara lainnya. Agar apa? Kita punya sistem yang ketat, matang, dan tanpa celah,” tambahnya.

Sebab, menurut Sahroni, penerapan sistem pencegahan berbasis teknologi akan sangat menekan angka korupsi. Karena proses-proses yang melibatkan penggunaan dana anggaran akan dapat dipantau secara langsung.

“Terutama kalau menyangkut anggaran, kita hindari people to people, semuanya lewat digital saja. Jadi kalau sudah begini, jangankan ditangkap, berupaya mencurinya saja tidak akan bisa. Apalagi masyarakat bisa ikut memantau,” pungkas Sahroni.

KEYWORD :

Ahmad Sahroni Komisi III DPR Menpora KPK Cegah Korupsi Pencegahan Korupsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :