Rabu, 15/05/2024 18:09 WIB

Pengunjuk Rasa membakar Alquran di Luar Kedutaan Irak di Denmark

Insiden itu adalah yang terbaru dari serangkaian pembakaran Alquran di Swedia dan Denmark yang memicu protes di Timur Tengah.

Pengunjuk rasa Patriot Denmark berdemonstrasi di depan kedutaan Irak di Kopenhagen (Ritzau Scanpix/Thomas Sjoerup/via Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Dua pengunjuk rasa membakar salinan kitab suci Islam, Alquran, di depan kedutaan Irak di ibu kota Denmark, Kopenhagen.

Duo dari kelompok yang menamakan dirinya Patriot Denmark menginjak Alquran pada Senin (24/7) dan membakarnya di nampan kertas timah di samping bendera Irak yang tergeletak di tanah.

Tak lama setelah insiden itu, menurut kantor berita negara Irak, INA, Kementerian Luar Negeri Irak meminta otoritas negara-negara di Uni Eropa untuk "segera mempertimbangkan kembali apa yang disebut kebebasan berekspresi dan hak untuk berdemonstrasi."

Patriot sayap kanan ultra-nasionalis Denmark mengadakan demonstrasi serupa minggu lalu dan menyiarkan langsung acara tersebut di Facebook.

Setelah insiden minggu lalu, Menteri Luar Negeri Denmark Lars Lokke Rasmussen mengutuknya sebagai tindakan "kebodohan" oleh beberapa individu, mengatakan kepada penyiar nasional DR: "Merupakan tindakan tercela untuk menghina agama orang lain."

"Ini berlaku untuk pembakaran Alquran dan simbol agama lainnya. Tidak ada tujuan lain selain memprovokasi dan menciptakan perpecahan," katanya. Dia mencatat, bagaimanapun, bahwa membakar buku-buku agama bukanlah kejahatan di Denmark.

Ketegangan antara negara-negara Muslim dan kedua negara Skandinavia itu meningkat bulan lalu setelah seorang pengungsi Kristen Irak berusia 37 tahun di Swedia, Salwan Momika, membakar halaman-halaman Alquran pada hari raya Idul Adha.

Pada hari Minggu, Organisasi Kerjasama Islam, sebuah koalisi dari 57 negara Muslim, menangguhkan status utusan khusus Swedia atas serangkaian pembakaran Alquran, mengatakan keputusan itu karena "pemberian izin oleh otoritas Swedia yang memungkinkan penyalahgunaan kesucian Al-Qur`an dan simbol-simbol Islam berulang kali".

Sehari sebelumnya, beberapa ribu warga Irak berdemonstrasi di Baghdad atas protes Islamofobia di dua negara Skandinavia tersebut.

Pasukan keamanan Irak memukul mundur protes 48 jam setelah kedutaan Swedia di Baghdad diserbu dan dibakar sebagai protes atas rencana pembakaran kitab suci umat Islam di Stockholm.

Demonstrasi anti-Islam hari Kamis di ibu kota Swedia, Stockholm, mendorong negara-negara Timur Tengah, termasuk Arab Saudi dan Iran, kekuatan Sunni dan Syiah terkemuka di kawasan itu, untuk memanggil diplomat Swedia sebagai protes.

Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei pada hari Sabtu mendesak Swedia untuk menyerahkan pelakunya ke pengadilan negara-negara Islam.

"Pemerintah Swedia harus tahu bahwa dengan mendukung penjahat yang membakar Alquran, ia telah memasuki medan pertempuran untuk perang di dunia Muslim," katanya di Twitter.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Pembakaran Alquran Kedutaan Irak Ibu Kota Denmark Kopenhagen Penodaan Agama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :