Selasa, 14/05/2024 09:04 WIB

PKS Dorong Aher, Demokrat: AHY Memenuhi Kriteria dan Bersih Kasus Hukum

Kami juga melihat Mas Ketum AHY memenuhi semua kriteria yang telah disampaikan dan disepakati, baik itu 5 kriteria sebagaimana tercantum pada piagam kerjasama tiga partai.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Partai Demokrat kembali menegaskan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhyono (AHY) memenuhi kriteria sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Menurut Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani, kelima kriteria yang telah disepakati dalam piagam kerja sama KPP ada pada AHY.

"Kami juga melihat Mas Ketum AHY memenuhi semua kriteria yang telah disampaikan dan disepakati, baik itu 5 kriteria sebagaimana tercantum pada piagam kerjasama tiga partai," kata Kamhar Lakumani kepada wartawan, Senin (24/7).

Selain itu, dilanjutkan Kamhar, AHY juga memenuhi kriteria cawapres yang diinginkan calon presiden (capres) Anies Baswedan. Salah satunya, memiliki rekam jejak yang bersih dari kasus hukum.

"Maupun kriteria 0, yaitu tak bermasalah dan memiliki keberanian seperti yang baru-baru ini disampaikan Mas Anies," kata dia.

Di sisi lain, Demokrat ogah menanggapi pernyataan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menganggap Ahmad Heryawan (Aher) lebih berprestasi dan layak menjadi pendamping Anies.

"Kami menghormati itu. Kami telah menyerahkan dan mempercayakan sepenuhnya kepada Mas Anies untuk menentukan cawapresnya," kata dia.

Kamhar menekankan Demokrat berkomitmen berada di KPP. Demokrat dipastikan tetap mendukung Anies sebagai capres.

"Partai Demokrat konsisten bersama Koalisi Perubahan dan Mas Anies sebagai capresnya," kata dia.

Sebelumnya, PKS menekankan partainya tetap mengusung Aher sebagai bakal cawapres untuk Anies. Aher diklaim berprestasi dan punya basis di Jawa Barat (Jabar) yang kuat.

Ini disampaikan PKS menanggapi hubungan Ketua Umum Partai Demokrat AHY dengan Anies yang kian mesra. Demokrat juga getol mengusung AHY sebagai cawapres pendamping Anies.

"Mas AHY prospektif, muda, rendah hati dan pekerja keras. Basis pemilih milenial besar. PKS mengajukan Kang Aher, berprestasi, teknokratis dan basis Jabarnya kuat," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

 

KEYWORD :

Demokrat Kamhar Lakumani AHY Cawapres Pilpres 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :