Rabu, 15/05/2024 22:38 WIB

Data Terbaru Sebut 50.000 Pria Rusia Tewas Selama Perang di Ukraina

Warga membersihkan puing bangunan yang hancur akibat serangan rudal Rusia di Hlevakha, di luar Kiev, Ukraina, 26 Januari 2023. (Foto: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Analisis statistik independen pertama yang mencatat jumlah korban perang di Ukraina menemukan bahwa hampir 50.000 pria Rusia tewas dalam perang.

Dua outlet media independen Rusia, Mediazona dan Meduza, bekerja sama dengan seorang ilmuwan data dari Universitas Tübingen Jerman. Mereka mengandalkan konsep statistik yang dipopulerkan selama pandemi COVID-19 yang disebut kematian berlebih.

Berdasarkan catatan warisan dan data kematian resmi, mereka memperkirakan berapa banyak lagi pria di bawah usia 50 tahun yang meninggal antara Februari 2022 dan Mei 2023 dari biasanya.

Baik Moskow maupun Kyiv tidak memberikan data tepat waktu tentang kerugian militer, dan masing-masing bersusah payah untuk memperbesar korban pihak lain. Rusia secara terbuka mengakui kematian sekitar 6.000 tentara.

Laporan tentang kerugian militer telah ditekan di media Rusia, kata aktivis dan jurnalis independen. Mendokumentasikan orang mati telah menjadi tindakan pembangkangan, dan mereka yang melakukannya menghadapi pelecehan dan potensi tuntutan pidana.

Terlepas dari tantangan seperti itu, Mediazona dan BBC News Rusia, bekerja dengan jaringan sukarelawan, telah menggunakan unggahan media sosial dan foto kuburan di seluruh Rusia untuk membuat database kematian akibat perang yang dikonfirmasi. Pada 7 Juli, mereka telah mengidentifikasi 27.423 tentara Rusia yang tewas.

"Ini hanya tentara yang kami kenal namanya, dan kematian mereka dalam setiap kasus diverifikasi oleh berbagai sumber," kata Dmitry Treshchanin, editor di Mediazona yang membantu mengawasi penyelidikan.

"Perkiraan yang kami lakukan dengan Meduza memungkinkan kami untuk melihat kematian `tersembunyi`, kematian yang begitu obsesif dan tidak berhasil disembunyikan oleh pemerintah Rusia."

Untuk mendapatkan penghitungan yang lebih komprehensif, jurnalis dari Mediazona dan Meduza memperoleh catatan kasus warisan yang diajukan ke pihak berwenang Rusia.

Data mereka dari National Probate Registry berisi informasi tentang lebih dari 11 juta orang yang meninggal antara tahun 2014 dan Mei 2023.

Menurut analisis mereka, 25.000 kasus warisan dibuka pada tahun 2022 untuk pria berusia 15 hingga 49 tahun dari yang diharapkan. Pada 27 Mei 2023, jumlah kelebihan kasus melonjak hingga 47.000.

Lonjakan itu kira-kira sejalan dengan penilaian Mei oleh Gedung Putih bahwa lebih dari 20.000 orang Rusia telah terbunuh di Ukraina sejak Desember, meskipun lebih rendah dari penilaian intelijen AS dan Inggris atas kematian Rusia secara keseluruhan.

Pada bulan Februari, Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan sekitar 40.000 hingga 60.000 orang Rusia kemungkinan besar tewas dalam perang tersebut.

Penilaian yang bocor dari Badan Intelijen Pertahanan AS menyebutkan jumlah orang Rusia yang terbunuh dalam aksi pada tahun pertama perang adalah 35.000 hingga 43.000. "Angka mereka mungkin akurat, atau mungkin juga tidak," kata Editor Mediazona, Treshchanin melalui email.

"Bahkan jika mereka memiliki sumber di Kementerian Pertahanan Rusia, datanya sendiri mungkin tidak lengkap. Sangat sulit untuk mengumpulkan semua korban dari tentara, Rosgvardia, batalion Akhmat, berbagai kompi militer swasta, di mana Wagner adalah yang terbesar, tetapi bukan satu-satunya. Korban di antara narapidana, pertama kali direkrut oleh Wagner dan sekarang oleh Kementerian Pertahanan, juga merupakan topik yang sangat kabur, dengan banyak potensi untuk dimanipulasi. Statistik sebenarnya bisa memberikan hasil yang lebih baik," sambungnya.

Banyak kematian Rusia, serta amputasi dapat dicegah dengan pertolongan pertama di garis depan yang lebih baik, kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam penilaian intelijen yang diterbitkan pada hari Senin.

Rusia telah menderita rata-rata sekitar 400 korban sehari selama 17 bulan, menciptakan "krisis" dalam perawatan medis tempur yang kemungkinan merusak layanan medis bagi warga sipil di wilayah perbatasan dekat Ukraina, kata kementerian tersebut.

Secara independen, Dmitry Kobak, seorang ilmuwan data dari Universitas Tübingen yang telah menerbitkan karya tentang kelebihan kematian akibat COVID-19 di Rusia, memperoleh data kematian berdasarkan usia dan jenis kelamin untuk tahun 2022 dari Rosstat, badan statistik resmi Rusia.

Dia menemukan bahwa 24.000 lebih banyak pria di bawah usia 50 tahun meninggal pada tahun 2022 dari yang diperkirakan, angka yang sejalan dengan analisis data warisan.

Pandemi COVID-19 mempersulit untuk mengetahui berapa banyak pria yang akan meninggal di Rusia sejak Februari 2022 jika tidak ada perang.

Kedua analisis mengoreksi efek COVID yang bertahan lama pada kematian dengan mengindeks tingkat kematian laki-laki terhadap kematian perempuan.

Sergei Scherbov, seorang sarjana di Institut Internasional untuk Analisis Sistem Terapan di Austria, memperingatkan bahwa "perbedaan jumlah kematian antara pria dan wanita dapat sangat bervariasi karena keacakan saja".

"Saya tidak mengatakan bahwa tidak mungkin ada jumlah kematian laki-laki yang berlebihan, tetapi secara statistik, perbedaan kematian ini bisa menjadi hasil kebetulan belaka," katanya.

Orang-orang Rusia yang hilang tetapi tidak secara resmi diakui tewas, serta warga Ukraina yang bertempur di unit-unit yang memproklamirkan diri sebagai republik Donetsk dan Luhansk, tidak termasuk dalam hitungan ini.

Kobak mengakui masih ada beberapa ketidakpastian, terutama terkait kematian pria yang lebih tua. Selain itu, sulit untuk mengetahui berapa banyak tentara Rusia yang hilang yang benar-benar tewas. Namun dia mengatakan tidak ada faktor yang mungkin memiliki efek besar.

"Ketidakpastian itu ada ribuan. Hasilnya masuk akal secara keseluruhan," katanya.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Meduza adalah outlet media independen Rusia yang telah beroperasi di pengasingan selama delapan tahun, dengan kantor pusat di Riga, Latvia.

Pada April 2021, otoritas Rusia menunjuk Meduza sebagai "agen asing", yang membuatnya lebih sulit untuk menghasilkan pendapatan iklan, dan pada Januari 2023, Kremlin melarangnya sebagai "organisasi yang tidak diinginkan" ilegal.

Moskow juga menyebut outlet independen Mediazona sebagai "agen asing" dan memblokir situs webnya setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina.

Sumber: AP

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Korban Perang Rusia Ukraina Data Terbaru Perang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :