Jum'at, 03/05/2024 07:58 WIB

DPR Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota BSBI Periode 2024-2026

Hari ini kita ada Fit and Proper Test BSBI, ada 15 calon anggota yang nantinya akan kita pilih 5 orang. Nanti akan ada lagi tambahan unsur pemerintah.

Anggota Komisi XI DPR, Heri Gunawan. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Komisi XI DPR RI melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon anggota Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) melalui Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU).

RPDU tersebut digelar selama dua hari, mulai dari Rabu (5/7) hingga Kamis (6/7). Adapun pada hari ini, Rabu, uji kelayakan dan kepatutan tersebut diikuti oleh 10 orang Calon Anggota BSBI, baik yang berasal dari akademisi, praktisi maupun unsur pemerintah.

Adapun terhadap 5 orang Calon Anggota BSBI lainnya, akan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan pada esok hari. Nantinya akan dipilih 5 orang untuk menggantikan Anggota BSBI periode 2020-2023 yang saat ini menjabat hingga akhir tahun di Bulan Desember.

“Hari ini kita ada Fit and Proper Test BSBI, ada 15 calon anggota yang nantinya akan kita pilih 5 orang. Nanti akan ada lagi tambahan unsur pemerintah,” jelas Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan.

Politikus Fraksi Partai Gerindra ini kemudian menjelaskan, BSBI bertugas untuk membantu DPR RI dalam melakukan fungsi pengawasan kepada Bank Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan Pasal 58A UU Nomor 3 Tahun 2004 sebagaimana terakhir diubah dengan UU Nomor 6 Tahun 2009 Tentang Bank Indonesia.

“Ini adalah badan supervisi karena bank Indonesia kan adalah badan yang independent. Jadi DPR tidak serta-merta bisa masuk ke sana tapi harus ada yang namanya badan supervisi yang nantinya akan memberi report kepada DPR terkait telaahan kebijakan Bank Indonesia apakah sudah sesuai dengan yang disampaikan atau tidak,” jelas Legislator Dapil Jawa Barat IV itu. 

Adapun kelima nama anggota terpilih tersebut nantinya akan dibahas dalam Rapat Internal Komisi XI dan akan ditetapkan melalui Surat Keputusan Presiden dengan masa jabatan 3 tahun (2024-2026).

 

 

 

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi XI Heri Gunawan uji kelayakan dan kepatutan BSBI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :