Selasa, 21/05/2024 20:55 WIB

FIFA Tunjuk Jeddah Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub 2023

Ofisial menetapkan Jeddah sebagai lokasi akhir setelah delegasi FIFA berkunjung untuk menilai persiapan.

Presiden SAFF Yasser al-Misehal berfoto dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. (Foto: Al Arabiya)

JAKARTA, Jurnas.com - Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) dan FIFA mengumumkan bahwa Piala Dunia Antarklub 2023 akan berlangsung di Jeddah, Arab Saudi. Turnamen berlangsung dari 12 hingga 22 Desember ini merupakan yang pertama di Kerajaan.

SAFF mengumumkan pada bulan Februari bahwa kompetisi akan diadakan di Kerajaan, dan ofisial menetapkan Jeddah sebagai lokasi akhir setelah delegasi FIFA berkunjung untuk menilai persiapan.

"Kami senang bahwa Jeddah, dengan fasilitas canggih dan reputasinya sebagai tuan rumah acara olahraga internasional besar, telah terpilih sebagai kota tuan rumah Piala Dunia Klub FIFA," kata Presiden SAFF, Yasser al-Misehal dalam pernyataan.

"Olahraga adalah pendorong utama transformasi berkelanjutan Arab Saudi di bawah Visi 2030, yang telah menjadikan Kerajaan sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat dan paling menarik di dunia olahraga," sambungnya.

Kunjungan delegasi FIFA mencakup inspeksi terperinci terhadap infrastruktur utama termasuk Stadion King Abdullah Sport City dan Stadion Pangeran Abdullah Al Faisal, serta fasilitas pelatihan dan akomodasi yang diusulkan.

SAFF telah lolos ke enam turnamen Piala Dunia FIFA, menjuarai Piala Asia AFC U-23 (pria), berhasil membentuk tim nasional wanita yang kini menjadi peringkat FIFA, dan meluncurkan tim nasional wanita U-17.

Di tingkat akar rumput, SAFF telah membuka 28 pusat pelatihan regional untuk membina bakat muda Saudi dan telah mendaftarkan 5.500 pelatih, 1.000 di antaranya adalah wanita, naik dari total 750 pada tahun 2018.

Jumlah pemain pria yang terdaftar meningkat sebesar 58 persen sejak 2021, sementara jumlah pemain wanita yang terdaftar meningkat sebesar 86 persen pada periode yang sama.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Piala Dunia Antarklub 2023 Jeddah Arab Saudi FIFA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :