Sabtu, 27/04/2024 19:18 WIB

Mentan Syahrul Tegaskan akan Koperatif dan Berkomitmen Penuhi Panggilan KPK

 Akan tetapi, karena terdapat rangkaian pelaksanaan tugas yang sudah teragendakan sebelumnya, dia meminta dilakukan penjadwalan ulang.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) saat hadir di Gatra Awards yang dihelat di Soehana Hall, The Energy Building, SCBD Lot Jakarta.

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menegaskan akan koperatif dan berkomitmen datang ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Semula, KPK meminta kehadiran Mentan Syahrul pada Jumat (15/6). Akan tetapi, karena terdapat rangkaian pelaksanaan tugas yang sudah teragendakan sebelumnya, dia meminta dilakukan penjadwalan ulang.

Politikus NasDem itu mengatakan telah mengirimkan Surat pada KPK Kamis (15/6) kemarin.

"Kami menghadiri pertemuan para Menteri Pertanian G20 di India. Indonesia yang telah dipercaya sebagai Presidensi G20 Tahun 2022 tentu saja sepatutnya hadir dalam penutupan perhelatan Internasional tersebut," ujar Mentan Syahrul.

Dalam kegiatan tersebut, Indonesia sebagai Troika bersama India dan Brazil akan memberikan pernyataan sekaligus penyerahan estafet keketuaan pada Brasil yang akan menjadi Presidensi tahun 2024 nanti.

Setelah itu, juga terdapat rencana kunjungan ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Korea Selatan dalam rangka penguatan kerjasama modrenisasi pertanian dan fasilitasi pasar ekspor pertanian.

"Jadi, Kami belum bisa memenuhi undangan KPK hari ini sama sekali bukan karena urusan pribadi, tetapi dalam rangka menjalankan tugas Negara. Namun demikian, Kami pastikan tetap menghormati KPK dan mengajukan permintaan agar dapat diperiksa pada Selasa, 27 Juni 2023.

Mentan Syahrul mengatakan bahwa proses hukum di KPK saat ini berjalan di tahap penyelidikan. Hal itu berarti penyelidik mencari peristiwa yang diduga tindak pidana.

"Saya mengajak, mari kita hormati proses yang berjalan di KPK tersebut dan tidak memgambil kesimpulan yang mendahului proses hukum dan informasi resmi dari KPK," kata dia.

KEYWORD :

Syahrul Yasin Limpo Korupsi Pertanian Syahrul Dipanggil KPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :