Sabtu, 27/04/2024 02:53 WIB

Maju Pilpres, Prabowo Minta Dukungan Wiranto

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan mantan Ketua Umum Partai Hanura yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Wiranto di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Kabupaten Bogor, kemarin (1/5).

Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan mantan Ketua Umum Partai Hanura yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Wiranto di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Kabupaten Bogor, kemarin (1/5).

Wiranto datang sekitar pukul 17.25. Dia memakai baju putih dan celana cokelat. Penampilannya mirip dengan pakaian yang dikenakan para elite Gerindra.

Seusai pertemuan tertutup itu, Prabowo mengatakan bahwa dirinya meminta Wiranto mendukung dirinya sebagai calon presiden. Menurut dia, Wiranto memiliki pengalaman panjang mendampingi lima presiden. Mulai Soeharto, B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Megawati Soekarnoputri, dan Jokowi.

”Saya mohon Bapak mendampingi presiden keenam," ucapnya. Yang dimaksud presiden keenam adalah dirinya yang berencana maju sebagai capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Wiranto sendiri melontarkan pujian kepada Prabowo yang telah berhasil membesarkan Gerindra. Menurut dia, Prabowo mewarisi pemikiran pendiri bangsa. Dia mendorong Prabowo maju sebagai calon presiden.

”Sekarang giliran adik saya, sahabat saya, kolega saya," ucapnya.

Namun, dia tidak menyebutkan apakah akan bergabung dengan Gerindra.

Sementara itu, pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan, PDIP sangat powerful dalam kerja sama politik. Sebelum menjalin kerja sama dengan partai lain, PDIP sudah mendeklarasikan nama capres Ganjar.

Bahkan, sudah menetapkan ketua tim sukses dan ketua tim relawan.

Tidak hanya itu, kata Ujang, PDIP tampaknya sudah mengunci nama cawapres yang akan mendampingi Ganjar. PDIP mempunyai kewenangan besar dalam memutuskan nama cawapres.

"Jadi, partai yang bergabung akan mengikuti keputusan yang sudah dibuat PDIP," ungkapnya.

Soal PPP yang sudah menjalin kerja sama dengan PDIP, Ujang mengatakan, bisa saja PPP menyodorkan nama Sandiaga Uno sebagai cawapres Ganjar.

Setelah PPP, lanjut dosen Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) itu, PAN sepertinya akan ikut bergabung mendukung Ganjar. Sejak awal, dia menyatakan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) disiapkan Jokowi sebagai "kendaraan" untuk mengusung Ganjar.

KEYWORD :

Prabowo Subianto Pilpres 2024 Partai Gerindra Wiranto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :