Jum'at, 26/04/2024 10:46 WIB

Prabowo Sebut Larangan Ekspor Hasil Tambang Mentah untuk Kesejahteraan Rakyat

Prabowo Sebut Larangan Ekspor Hasil Tambang Mentah untuk Kesejahteraan Rakyat

Prabowo Subianto memberikan sambutan di acara halalbihalal Majelis Riyadul Jannah. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto membanggakan strategi dan Kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melarang hasil tambang diekspor tanpa diolah terlebih dahulu. Strategi itu menurut Prabowo untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kekayaannya ada, sekarang bisa nggak? Nah, inilah pekerjaan kita," kata Prabowo saat memberi sambutan dalam secara halalbihalal Majelis Riyadul Jannah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu kemarin (13/5/2023).

Kekayaan sumber daya alam Indonesia, kata Prabowo, harus bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia dalam waktu dekat. Strategi Jokowi agar kekayaan dinikmati bersama disebutkan oleh Prabowo.

"Inilah panggilan kita, tantangan kita, kita harus bekerja keras, kita harus selalu saling mengingatkan, saling memberitahu, saling mengoreksi. Agar kita bisa dengan waktu jangan terlalu kita bisa kekayaan kita olah dan bisa dinikmati seluruh rakyat Indonesia. Itu adalah strategi pemerintah kita, strategi Presiden Joko Widodo," ujar Prabowo.

"Kita sekarang melarang, tidak boleh ekspor kekayaan kita, tambang-tambang kita, dalam bentuk tidak diolah. Dalam bentuk mentah, kita tidak izinkan lagi. Harus diolah di Indonesia," sambungnya.

Kekayaan alam yang sudah diolah, menurut Prabowo meningkatkan nilai sehingga dijual lebih mahal di pasaran. Pengolahan sumber daya alam juga membuka ruang warga untuk bekerja mengolah hasil alam sendiri.

"Begitu diolah, nilainya tambah 20 kali lipat, ada yang 30 kali lipat, ada yang 100 kali lipat. Nikel, bauksit, tembaga, semua kita ingin mengolah di Indonesia supaya dapat lapangan kerja yang banyak, supaya seluruh rakyat kita bisa hidup dalam keadaan berkecukupan, dalam keadaan sejahtera," imbuhnya.

 

KEYWORD :

Prabowo Subianto larangan ekspor hasil tambang tidak diolah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :