Sabtu, 27/04/2024 18:40 WIB

Insinyur China Didakwa dengan Penistaan Agama di Pakistan

Penistaan agama adalah masalah sensitif di Pakistan yang mayoritas Muslim, di mana bahkan desas-desus tentang pernyataan asusila dapat memicu massa dan kekerasan yang mematikan.

Meskipun penangkapan terhadap Muslim dan non-Muslim atas tuduhan penistaan ​​agama biasa terjadi di Pakistan, orang asing jarang ditangkap. (File: Arif Ali/AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Seorang warga negara China yang bekerja untuk proyek konstruksi di Pakistan berada di bawah perlindungan polisi setelah para pekerja menuduhnya melakukan penistaan terhadap Islam.

Penistaan agama adalah masalah sensitif di Pakistan yang mayoritas Muslim, di mana bahkan desas-desus tentang pernyataan asusila dapat memicu massa dan kekerasan yang mematikan.

Para pejabat mengatakan pada Senin bahwa insinyur di proyek pembangkit listrik tenaga air Dasu di provinsi barat laut Khyber Pakhtunkhwa dituduh melakukan penistaan setelah dia menyoroti lambatnya pekerjaan selama bulan suci Ramadan, ketika umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam.

"Para pekerja mengatakan mereka berpuasa, tetapi menyangkal bahwa pekerjaan telah melambat, yang menyebabkan pertengkaran" dengan penyelia, kata seorang pejabat polisi kepada kantor berita AFP tanpa menyebut nama.

"Belakangan, para buruh menuduh insinyur membuat pernyataan yang menghujat dan sekitar 400 penduduk setempat berkumpul untuk memprotes," katanya.

Pengaduan tertulis yang diajukan ke polisi mengidentifikasi dia hanya sebagai pengawas transportasi berat dengan nama "Tuan Tian", dan mengatakan bahwa pernyataannya pada hari Sabtu "memicu ketegangan".

"Warga negara China telah dibawa ke tempat yang aman sebagai tindakan pencegahan," kata Muhammad Nazir, seorang pejabat polisi di Dasu, kepada AFP.

Tidak ada komentar segera dari kedutaan China di Islamabad.

Kantor polisi diserang

Seorang pejabat pemerintah setempat di Dasu, sekitar 180 km (110 mil) utara ibu kota Islamabad, mengatakan tentara dan pasukan paramiliter dikerahkan untuk memastikan keselamatan para insinyur.

Pejabat polisi Naseer-ud-Din Khan mengatakan massa menyerang kantor polisi saat petugas sedang mempersiapkan dokumen penuntutan pada hari Senin.

"Masyarakat bubar hanya setelah mereka diperlihatkan salinan kasus yang didaftarkan atas tuduhan penodaan agama," katanya.

Menurut Khan, tuduhan tersebut muncul dari ketidaksepakatan di tempat kerja: Tian diduga menjadi kesal dan menegur dua pengemudi lokal karena terlalu banyak mengambil waktu dari tempat kerja untuk berdoa. Buruh lain kemudian mengaku telah menghina Nabi Muhammad.

Kontrak pembangunan bendungan Dasu diberikan kepada China Gezhouba Group Company pada tahun 2017, dan proyek tersebut diselimuti oleh keamanan yang ketat.

Itu adalah di antara sejumlah perusahaan China yang telah mengambil kontrak infrastruktur yang menguntungkan di Pakistan meskipun ada ancaman keamanan terhadap warga negara China.

Penghujatan dapat dihukum mati di Pakistan, meskipun tidak ada eksekusi yang pernah dilakukan untuk kejahatan tersebut.

Pada Desember 2021, seorang manajer pabrik Sri Lanka dipukuli sampai mati dan dibakar oleh massa yang menuduhnya melakukan penistaan agama di kota Sialkot di Pakistan timur.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Insinyur China Penistaan Agama Pakistan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :