Sabtu, 20/04/2024 06:24 WIB

Mantan PM Pakistan Imran Khan Ditangkap di Pengadilan Islamabad

Sejak pencopotannya dari kekuasaan tahun lalu, Khan telah dihadapkan dengan lusinan tuduhan, yang semuanya dia bantah dan katakan bermotivasi politik.

Petugas keamanan mengawal mobil yang membawa Khan di Pengadilan Tinggi di Islamabad [Aamir Qureshi/AFP]

JAKARTA, Jurnas.com – Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan telah ditangkap selama persidangan di Islamabad atas tuduhan korupsi, setelah berbulan-bulan mengalami krisis politik.

Musarrat Jamshed Cheema, seorang pemimpin partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) Khan, mengkonfirmasi penangkapan Khan pada hari Selasa ke Al Jazeera. "Dia menjalani prosedur biometrik dari tempat dia dipilih oleh Rangers," katanya, mengacu pada pasukan paramiliter.

Akbar Nasir Khan, seorang pejabat polisi di Islamabad, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Khan ditangkap dalam kasus yang terkait dengan Al-Qadir Trust. Biro Akuntabilitas Nasional anti-korupsi telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Khan pada 1 Mei sehubungan dengan kasus tersebut, katanya.

Sejak pencopotannya dari kekuasaan tahun lalu, Khan telah dihadapkan dengan lusinan tuduhan, yang semuanya dia bantah dan katakan bermotivasi politik.

Pengacara Imran Khan menuduh Rangers memukul Khan di kepalanya dan menendangnya sebelum membawanya pergi.

"Penjaga hutan masuk secara paksa dan mendobrak pintu dan jendela (ruangan). Mereka mengambil Imran Khan dari kursi rodanya, memukul kepalanya dan menendangnya," kata Gohar Ali Khan, yang mendampingi mantan perdana menteri di Pengadilan Tinggi Islamabad, dalam sebuah video yang diposting di akun media sosial PTI.

"Saya jatuh saat terjadi keributan. Lada Rangers menyemprotnya dan membawanya pergi," tambah pengacara itu.

Ali Khan mengatakan tidak ada petugas polisi yang hadir di dalam ruangan tempat Khan ditangkap.

Fawad Chaudhry, seorang pemimpin PTI, tweeted bahwa kompleks Pengadilan Tinggi Islamabad "ditempati" oleh Rangers dan pengacara "menjadi sasaran penyiksaan".

Rekaman video di media lokal menunjukkan Khan dikawal ke kendaraan Rangers dan dibawa ke lokasi yang tidak diketahui.

Pejabat PTI meminta pendukung untuk turun ke jalan setelah penangkapan Khan, yang mereka sebut sebagai penculikan. "Orang-orang pemberani Pakistan harus keluar dan membela negara mereka," tulis partai itu di Twitter.

Polisi di Islamabad, bagaimanapun, memperingatkan bahwa perintah yang melarang pertemuan lebih dari empat orang akan ditegakkan dengan ketat.

Laporan mengatakan Aamer Farooq, ketua mahkamah Pengadilan Tinggi Islamabad, telah memerintahkan pejabat pemerintah untuk menghadap pengadilan atas penangkapan Khan.

Pemain kriket berusia 70 tahun yang menjadi politisi itu dicopot dari kekuasaan pada April 2022 setelah dia kehilangan mosi tidak percaya di parlemen. Sejak itu, dia berkampanye untuk pemilihan nasional awal, yang akan jatuh tempo pada Oktober tahun ini.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Pakistan Imran Khan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :