Sabtu, 27/04/2024 19:38 WIB

Internasional

Ribuan Warga Pakistan di Arab Saudi Dipulangkan

Lebih dari 39 ribu warga Pakistan telah dideportasi oleh pemerintah Arab Saudi dalam rentang waktu empat bulan terakhir. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari pelanggaran visa, tindak kriminal, hingga dugaan persekongkolan dengan kelompok teroris.
 

Imigran Pakistan (foto: al-Araby)

Riyadh – Lebih dari 39 ribu warga Pakistan telah dideportasi oleh pemerintah Arab Saudi dalam rentang waktu empat bulan terakhir. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari pelanggaran visa, tindak kriminal, hingga dugaan persekongkolan dengan kelompok teroris.

Pakistan kewalahan dengan teroris, karena negara itu dekat dengan Afghanistan. Gerakan ekstrimis Taliban pun lahir dari Pakistan,” kata Ketua Komite Keamanan Dewan Syura Saudi, Abdullah al-Sadoun.

Meski demikian, tampaknya alasan itu tidak sepenuhnya diyakini sebagai alasan deportasi tersebut. Protes yang dilancarkan oleh buruh migran (termasuk di antaranya asal Pakistan) akhir-akhir ini terkait upah yang belum dibayarkan turut menjadi sorotan. Penurunan harga minyak beberapa tahun terakhir disinyalir berpengaruh besar pada keuangan negara Saud.

Dikutip dari Al-Araby, Bulan lalu puluhan pekerja asing dicambuk dan dipenjara menyusul sejumlah protes yang berujung kekerasan. Massa dari buruh konstruksi bahkan sempat membakar bus di Mekkah sebagai aksi perlawanan karena gaji mereka belum dibayarkan oleh perusahaan Saudi, yakni Grup Binladin dan Saudi Oger.

KEYWORD :

Imigran Pakistan Arab Saudi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :