Sabtu, 11/05/2024 02:18 WIB

Memahami Pangkat dan Simbol Baret di Lengan TNI

Level paling bawah di organisasi TNI adalah Tamtama. Baret yang menempel di lengan menonjol dengan warna merah.

pangkat TNI 1

Jakarta - Memahami pangkat, jabatan, dan simbol baret di organisasi militer sangatlah penting. Apalagi organisasi militer memiliki garis komando yang ketat dan penuh kedisiplinan. Karena itu, sangat perlu bagi siapa pun untuk memahami struktur jengjang organisasi militer, berikut atribut kepangkatan yang menempel di lengan baju.

Berikut ini, jurnas.com mencoba menjabarkan sekilas tentang jenjang-jenjang pangkat kemiliteran yang dapat dilihat secara umum. Sedikitnya ada enam jenjang tingkatan posisi di organisasi TNI. Secara berurutan yang paling tinggi adalah: 1. Perwira Tinggi; 2. Perwira Menengah; 3. Perwira Pertama; 4. Bintara Tinggi; 5. Bintara; 6. Tamtama.

Untuk level Perwira Tinggi, ada lima jenjang yang dapat dilihat dari jumlah simbol bintang yang melekat di lengan. Yang paling tinggi adalah Jenderal Besar dengan simbol pangkat bintang lima melingkar; kemudian Jendral dengan simbol bintang empat sejajar; lalu di bawahnya lagi Letnan Jenderal dengan simbol bintang tiga sejajar; Di bawahnya lagi adalah Mayor Jenderal dengan simbol dua bintang; dan terakhir di level Perwira Tinggi adalah Brigadir Jenderal dengan bintang satu.

Di level Perwira Menengah, simbol yang dipakai di lengan adalah melati. Yang paling atas di level ini adalah Kolonel dengan simbol melati tiga, kemudian di bawahnya adalah Letnan Kolonel dengan simbol melati dua, dan di bawahnya lagi adalah Mayor dengan simbol melati satu.

Adapun di level Perwira Pertama, simbol yang digunakan adalah garis balok berdiri. Yang tertinggi di level ini adalah Kapten dengan simbol tiga balok berdiri, kemudian Letnan Satu dengan simbol dua balok; dan Letnan Dua dengan simbol satu balok berdiri.

Di level Bintara Tinggi, simbol yang digunakan adalah garis zigzag vertikal. Adapun jabatan pangkatnya adalah Pembantu Letnan Satu dengan baret lengan dua garis zigzag; dan Pembantu Letnan Dua dengan baret satu garis zigzag.

Level di bawahnya lagi adalah Bintara. Simbol yang menandainya adalah garis horizontal seperti huruf V. Yang tertinggi di level ini adalah Sersan Mayor dengan baret lengan empat garis, kemudian Sersan Kepala dengan baret tiga garis, Sersan Satu dengan baret dua garis, dan Sersan Dua dengan baret satu garis.

Terakhir, level paling bawah di organisasi TNI adalah Tamtama. Baret yang menempel di lengan menonjol dengan warna merah berbentuk garis horizontal bengkok seperti huruf v dan berbentuk balok berwarna merah. Jabatan paling tinggi di level ini adalah Kopral Kepala dengan tiga garis horizontal v merah, kemudian Kopral Satu dengan baret dua garis v merah, dan Kopral Dua dengan Baret lengan satu garis merah v merah.

Kemudian dibawahnya lagi adalah Prajurit Kepala dengan baret tiga balok horizontal merah, Prajurit Satu dengan dua balok garis horiontal merah, dan jabatan paling rendah adalah prajurit dua dengan satu balok berwarna merah.

KEYWORD :

TNI Pangkat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :