Sabtu, 27/04/2024 13:59 WIB

Tips Anti Buang-buang Makanan Selama Ramadan

Makanan sisa berpotensi menjadi food waste atau sampah makanan yang berdampak buruk bagi lingkungan.

Kacang-kacangan dijual di pasar, menjelang bulan puasa Ramadhan di Kairo, Mesir, pada 6 Mei 2018. (Foto: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Ramadan tidak pernah lekang dari sajian kuliner khas berbuka puasa, dari makanan ringan hingga berat. Bukan hanya di Indonesia, tetapi sumua negara muslim yang merayakan bulan penuh ampunan ini.

Beragamnya sajian buka puasa ini tentu saja hal yang sangat positif lantaran bisa membantu perekonomian masyarakat pascapandemi COVID-19, khususnya yang bergerak di bidang kuliner.

Sayangnya, selama bulan puasa ini, pembuangan makanan masih sering terjadi di rumah tangga-rumah tangga. Padahal, makanan sisa berpotensi menjadi food waste atau sampah makanan yang berdampak buruk bagi lingkungan.

Berikut adalah tips dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mencegah food waste selama Ramadan.

Buat Rencana Menu Selama Ramadan

Menu terencana memudahkan kita untuk menentukan bahan-bahan apa saja yang perlu disiapkan. Apalagi, food waste tidak hanya dari makanan matang, tetapi juga dari bahan makanan sisa yang tidak diolah.

Buat Catatan Belanja 

Setelah menentukan menu, catatan belanja akan sangat membantu kita untuk tidak tergoda membeli bahan-bahan makanan yang di luar dari rencana kita.

Perkirakan Porsi Ketika Memasak

Porsi makanan berlebih adalah alasan utama timbulnya food waste. Oleh karena itu, penting untuk kita mempertimbangkan seberapa banyak makanan yang akan dimasak.

Berbagi Lebih Baik

Ramadan bulan yang baik untuk berbagi terhadap sesama. Selain menyisihkan makanan untuk dimakan kemudian, kita bisa berbagi ke sekitar agar potensi timbulnya sampah makanan akibat makanan berlebih dapat dihindarkan.

Ubah Food Waste Menjadi Kompos

Jika benar-benar tidak habis dimakan, sisa makanan dapat dijadikan pupuk kompos. Ternyata makanan berbahan nabati lebih mudah diolah jadi pupuk kompos ketimbang daging.

KEYWORD :

Food Waste Sisa Makanan Bulan Ramadan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :