Senin, 29/04/2024 01:33 WIB

Mau Tahu Kepribadian, Ini 7 Hal yang Mesti Diketahui

Penilaian karakter dapat membantu Anda membuat keputusan baik dalam hubungan romantis, hubungan bos dengan pegawainya dan hubungan lainnya

Ilustrasi kepribadian

Jakarta - Ketika bertemu seseorang untuk pertama kalinya, pastinya Anda ingin cepat menilai bagaimana kepribadian orang tersebut. Kebanyakan orang akan mencari kualitas yang sama dalam diri seseorang, seperti kejujuran, kebaikan dan tingkat intelektual seseorang. Dengan mengetahui nilai-nilai tersebut dapat membantu Anda mengevaluasi apakah ingin memulai hubungan yang lebih dengan orang tersebut atau tidak.

Tak hanya itu saja, penilaian karakter dapat membantu Anda membuat keputusan baik dalam hubungan romantis, hubungan bos dengan pegawainya dan hubungan lainnya. Lifehack melansir, ada beberapa hal kecil ini yang dapat menggambarkan bagaimana kepribadian seseorang, berikut deretannya:

1. Tulisan
Menurut sebuah penelitian, cara menulis serta ukuran tulisan seseorang dapat menggambarkan kepribadian orang tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Perusahaan Pen Nasional, mengungkapkan bahwa orang dengan tulisan tangan kecil cenderung pemalu, teliti dan rajin sementara orang dengan ukuran tulisan yang besar cenderung suka mencari perhatian.

Ketebalan tulisan juga dapat menggambarkan kepribadian seseorang, tulisan tebal menunujukkan bahwa si penulis itu merupakan orang yang serius dan tidak menganggap remeh suatu hal, sedangkan tulisan tipis biasanya cenderung lebih berempati dan sensitif.

2. Warna Favorit
Sebuah artikel di Psychology Today mengungkapkan bahwa warna yang sering Anda gunakan dalam pakaian dapat menggambarkan siapa Anda. Orang yang menyukai warna hitam biasanya sensitif, namun memiliki nilai artistik yang tinggi dan ia sangat perhatian terhadap detail. Sementara orang yang menyukai merah positif dalam menjalani kehidupan dan selalu bertindak proaktif.

Orang yang menyukai hijau, merupakan orang yang setia dan penuh dengan kasih sayang. Sementara mereka yang mencintai putih biasanya merupakan seseorang yang terorganisir dan logis. Sedangkan pecinta biru, berkepribadian netral, sensitif dan sangat perhatian terhadap kondisi orang lain.

3. Gigit Kuku
Perilaku tubuh tertentu juga bisa mengatakan banyak hal tentang kepribadian seseorang. Baik itu menyibak rambut, menggigit kuku atau mengelupas kulit bisa jadi menggambarkan bahwa seseorang itu tidak sabaran, frustasi, gampang bosan dan sering tidak puas.

Menggigit kuku contohnya, menurut penelitian menemukan bahwa seseorang yang sering menggigit kuku itu cenderung perfeksionis, namun gampang gugup.

4. Sepatu
Menurut psikolog, Anda benar-benar dapat menilai kepribadian seseorang hanya dengan melihat style sepatu mereka. Menurut peneliti dari University of Kansas, Omri Gillath, hanya dengan memeriksa brand (harga), gaya, warna dan style sepatu seseorag, anda dapat menebak sekitar 90 perrsen dari karakteristik pribadi pemilik sepatu tesebut, seperti pendapatan, kecenderungan politik, jenis kelamin dan bahkan usia seseorang tersebut.

5. Mata
Mata merupakan cerminan jiwa seseorang. Dengan melihat pada mata seseorang dapat membuat anda mengetahui banyak hal tentang orang tersebut. Apa yang Anda pikir dan rasakan atau melihat apakah seseorang tersebut licik atau setia. Menurut penelitian, seseorang dengan mata biru seringnya kurang asik dan cenderung menjadi pecandu alkohol dibanding dengan orang yang bermata gelap.

Selain itu cara orang menatap juga dapat memberikan petunjuk bagaimana kepribadian orang tersebut. Kurangnya kontak mata atau kontak mata yang kurang pas menunjukkan bahwa seseorang kurang dapat mengendalikan diri dan biasanya merupakan orang dengan kemauan yang lemah.

6. Tepat Waktu
Ketepatan waktu seeorang dalam menghadiri suatu pertemuan juga dapat mencirikan kepribadian orang tersebut. Terlambat hadir dalam acara yang penting alam memberikan kesan yang negatif tentang siapa Anda, sebaliknya hadir tepat waktu atau lebih awal menunjukkan bahwa seseorang tersebut merupakan orang yang menghargai waktu orang lain. Hal itu menunjukkan bahwa orang tersebut adalah orang yang memiliki pemikiran yang terorganisir dan memiliki motivasi diri yang kuat.

7. Cara Berjabat Tangan
Mungkin hal ini sudah banyak diketahui bahwa cara berjabat tangan seseorang dapat menujukkan karakter personal. Orang yang berjabat tangan dengan kuat memancarkan rasa percaya diri yang besar dan juga mencerminkan karakter kuat seseorang. seringnya orang-orang tersebut merupakan tipe orang yang ekstrovert dan ekspresif.

Sebaliknya orang dengan jabat tangan yang lemah, di sisi lain menunjukkan kurangnya rasa percaya diri dan cenderung selalu ingi menghindari tantangan.

KEYWORD :

Kepribadian Gaya Hidup Tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :