Kamis, 02/05/2024 20:50 WIB

BNN Amankan Kapal Kayu Nelayan Bermuatan Sabu-Sabu

Ada enam tersangka yang diamankan dan satu tersangka tewas ditembak.

Narkoba jenis sabu

Jakarta – Banyak modus yang digunakan para bandar untuk membawa narkoba ke Indonesia. Salah satunya dengan kapal kayu nelayan dari negara tetangga. Untungnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) serta Bea dan Cukai berhasil membongkar aksi tersebut dengan mengamankan 13,59kg sabu-sabu yang dibawa dari Malaysia tersebut dan menangkap para tersangka.

"Ada enam tersangka yang diamankan dan satu tersangka tewas ditembak berinisial SBK, warga Malaysia yang merupakan pemilik sabu," kata Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso yang akrab dipanggil Buwas itu di Tempat Pelelangan Ikan Muara Angke, Jakarta Utara, Jumat (3/2).

Para tersangka yang ditangkap itu, lima orang di Pulau Pramuka dan satu orang yang tewas ditembak di Pelabuhan TPI Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (2/2) malam. Sebanyak lima tersangka yang diamankan adalah warga Indonesia bertugas sebagai kurir yang merupakan anak buah kapal (ABK) dan kapten kapal nelayan K.M. Dzaki Pratama Mereka, antara lain berinisial MA (52), ES (42), IS (31), dan S (50), sedangkan tersangka SBK tewas tertembak karena melakukan perlawanan dengan petugas saat ini sudah dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Dari barang bukti paspor milik tersangka SBK memperlihatkan SBK sudah sering bolak-balik ke Indonesia," jelas Buwas seperti dikutip Antara.

Selain barang bukti sabu-sabu, petugas juga mengamankan barang bukti, di antaranya alat komunikasi, uang tunai dengan mata uang rupiah dan ringgit Malaysia, kapal kayu, dan lampu penerangan. "Lampu penerangan tersebut digunakan untuk sandi memberitahukan kepada yang ada di darat untuk mengambil barang bukti sabu yang dibawa di kapal kayu," kata Buwas.

KEYWORD :

Sabu-sabu BNN penyelundupan narkoba




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :