Senin, 06/05/2024 04:58 WIB

PKB Tak Mau Ikut Bola Liar Hak Angket Penyadapan SBY

PKB tak mau ditarik dalam bola liar terkait dugaan penyadapan terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sekretaris Fraksi PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal

Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak mau ditarik dalam bola liar terkait dugaan penyadapan terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sekretaris Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, usulan hak angkat yang digulirkan Partai Demokrat tidak perlu dilakukan dengan tergesa-gesa. Sebab, hak angket itu tidak akan menyelesaikan substansi masalah.

"PKB tidak mau ikut-ikutan dalam bola liar, PKB tidak bisa ditarik-tarik," kata Cucun, ketika dihubungi wartawan, Kamis (2/2).

Meski demikian, Cucun berpandangan bahwa hak angket merupakan hak setiap anggota DPR. Namun, menurutnya, alangkah baiknya jika klarifikasi melalui komisi dilakukan terlebihdahulu.

"Usulan hak angket kan bisa muncul secara pribadi. Itu silakan saja. Tapi kalau bisa dipanggil di komisi, tidak perlu ada angket. PKB akan lihat dulu nanti perkembangannya," terangnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman menggalang hak angket untuk menyelidiki dugaan penyadapan terhadap SBY.

"Skandal penyadapan tersebut merupakan pelanggaran terhadap konstitusi dan UU ITE. Sesama anak bangsa saling curiga, saling mematai, dan berprasangka buruk, dan itu tentu saja mengganggu keharmonisan masyarakat. Pada akhirnya menciptakan instabilitas politik," kata Benny.

KEYWORD :

Hak Angket Penyadapan PKB Demokrat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :