Jum'at, 26/04/2024 07:35 WIB

Israel Lancarkan Serangan Udara di Jalur Gaza

 Saksi dan media lokal melaporkan bahwa drone Israel menembakkan dua rudal ke sasaran di Gaza sebelum jet tempur menyerang, menyebabkan empat ledakan besar.

Pengemudi ambulans melewati kendaraan militer Israel di dekat barikade jalan yang terbakar di kota Tepi Barat yang diduduki di Jenin pada 26 Januari 2023 (Foto: Zein Jaafar/ AFP)

 

JAKARTA, Jurnas.com - Israel telah melancarkan beberapa serangan udara di Jalur Gaza yang diblokade sehari setelah pasukan Israel membunuh sembilan warga Palestina, termasuk seorang wanita tua, di kamp pengungsi Jenin.

Ini menandai salah satu serangan paling mematikan di Tepi Barat yang diduduki oleh militer Israel selama bertahun-tahun.

Sumber-sumber keamanan di Gaza mengatakan kepada kantor berita Agence France-Presse bahwa telah terjadi 15 serangan pada dini hari Jumat. Saksi dan media lokal melaporkan bahwa drone Israel menembakkan dua rudal ke sasaran di Gaza sebelum jet tempur menyerang, menyebabkan empat ledakan besar.

Tentara Israel mengatakan serangan udara di Gaza, salah satu daerah terpadat di dunia dengan 2,1 juta penduduk, terjadi setelah dua roket ditembakkan ke Israel sekitar tengah malam (22:00 GMT).

Sirene serangan udara terdengar di Israel selatan saat dua roket pertama ditembakkan dan sekali lagi setelah serangan udara Israel.

Tentara Israel mengatakan roket-roket itu dicegat oleh sistem pertahanan udara Israel dan Channel 12 negara itu menyiarkan rekaman rudal pencegat Israel diluncurkan ke langit malam di atas kota Ashkelon, sekitar 12 km (7 mil) utara Gaza.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas tembakan roket yang dilaporkan.

Serangan udara Israel dan tembakan roket mengikuti pasukan Israel yang menewaskan sembilan orang selama penggerebekan di kamp pengungsi Jenin.

Setidaknya 20 orang juga terluka dalam apa yang digambarkan sebagai salah satu hari paling mematikan di Tepi Barat yang diduduki sejak Israel menggenjot serangan pada awal 2021.

Seorang pria Palestina berusia 22 tahun juga ditembak oleh pasukan Israel di kota al-Ram, sebelah utara Yerusalem.

Empat dari mereka yang terluka dalam penggerebekan itu berada dalam kondisi kritis dan korban tewas termasuk seorang wanita tua yang diidentifikasi sebagai Magda Obaid oleh otoritas rumah sakit Jenin.

Keluarga Obaid mengatakan bahwa dia ditembak setelah mengintip dari jendelanya.

Warga Palestina menggambarkan serangan Jenin sebagai "pembantaian".

Orang-orang memenuhi jalan-jalan di Tepi Barat pada hari Kamis untuk menunjukkan solidaritas dengan Jenin ketika Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengumumkan tiga hari berkabung.

Juru bicara Otoritas Palestina Nabil Abu Rudeineh mengatakan Abbas telah memutuskan koordinasi keamanan dengan Israel sehubungan dengan agresi berulang terhadap rakyat kami dan merusak perjanjian yang ditandatangani.

Dia juga mengatakan bahwa warga Palestina berencana untuk mengajukan pengaduan ke Dewan Keamanan PBB, Pengadilan Kriminal Internasional dan badan internasional lainnya atas kekerasan Israel.

Uni Emirat Arab, China dan Prancis telah meminta Dewan Keamanan PBB untuk bertemu secara tertutup pada hari Jumat atas serangan tersebut, kata para diplomat.

Tor Wennesland, koordinator khusus PBB untuk proses perdamaian Timur Tengah, mengatakan di Twitter bahwa dia sangat khawatir dan sedih dengan kekerasan tersebut dan bahwa dia terlibat dengan otoritas Israel dan Palestina untuk mengurangi ketegangan, memulihkan ketenangan dan kedamaian. menghindari konflik lebih lanjut.

Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel Itamar Ben-Gvir memuji pasukan Israel atas serangan Jenin, mengatakan mereka yang mencoba untuk "melukai personel kami harus tahu bahwa darahnya hilang".

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Israel Serangan Udara Palestina Jalur Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :