Jum'at, 03/05/2024 13:34 WIB

Korban Tewas Serangan Rusia di Dnipro Bertambah jadi 35 Orang

Sekitar 1.700 orang tinggal di gedung bertingkat tersebut, dengan penduduk mengatakan tidak ada fasilitas militer di lokasi tersebut.

Petugas penyelamat membersihkan puing-puing dari sebuah gedung apartemen yang dihancurkan oleh serangan roket Rusia di lingkungan perumahan di kota tenggara Dnipro, Ukraina pada 15 Januari 2023. (Foto: AP / Evgeniy Maloletka)

JAKARTA, Jurnas.com - Korban tewas akibat serangan rudal Rusia di gedung apartemen di tenggara kota Dnipro, Ukraina, bertambah menjadi 35 orang, kata seorang pejabat pada Senin (16/1) saat operasi penyelamatan berlanjut.

"Sampai sekarang, serangan musuh merenggut nyawa 35 penghuni gedung, termasuk dua anak. Tiga puluh sembilan orang diselamatkan, 75 lainnya luka-luka," kata gubernur daerah Dnipropetrovsk Valentyn Reznichenko di media sosial.

Dia menambahkan bahwa nasib 35 penghuni gedung lainnya tidak diketahui karena pencarian korban selamat berlanjut hampir 40 jam setelah serangan. Korban sebelumnya dari penyelamat telah mencapai 30.

Sekitar 1.700 orang tinggal di gedung bertingkat tersebut, dengan penduduk mengatakan tidak ada fasilitas militer di lokasi tersebut.

Menurut proyek The Associated Press-Frontline War Crimes Watch, korban tewas yang dilaporkan menjadikannya serangan paling mematikan di satu tempat sejak serangan 30 September di wilayah Zaporizhzhia Ukraina 

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy pada hari Minggu mengutuk "keheningan pengecut" rakyat Rusia atas serangan itu, mencatat bahwa Ukraina telah menerima pesan simpati dari seluruh dunia atas "teror ini".

"Operasi penyelamatan akan berlangsung selama ada kesempatan sekecil apapun untuk menyelamatkan nyawa," kata pemimpin Ukraina itu.

Serangan di gedung pada Sabtu (14/1) terjadi di tengah rentetan besar rudal jelajah Rusia melintasi Ukraina.

Serangan udara baru Rusia datang ketika pertempuran sengit berkecamuk di provinsi Donetsk timur Ukraina, di mana militer Rusia mengklaim telah menguasai kota tambang garam kecil Soledar tetapi Ukraina menegaskan bahwa pasukannya masih berperang.

Jika pasukan Rusia memenangkan kendali penuh atas Soledar, itu akan memungkinkan mereka untuk mendekati kota Bakhmut yang lebih besar. Pertempuran untuk Bakhmut telah berkecamuk selama berbulan-bulan, menyebabkan banyak korban di kedua sisi.

Dengan perang sengit mendekati tanda 11 bulan, pemerintah Inggris mengumumkan akan mengirimkan tank ke Ukraina, sumbangan pertama dari persenjataan tugas berat semacam itu.

Meskipun janji 14 tank Challenger 2 tampak sederhana, para pejabat Ukraina berharap hal itu akan mendorong negara-negara Barat lainnya untuk memasok lebih banyak tank.

 

Sumber: CNA

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Kota Dnipro Serangan Rudal Korban Tewas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :